Sunday, June 5, 2016

Meski Ada Mobil Otonom, Volvo Tidak Hapus Mobil Berpengendara

Meski Ada Mobil Otonom, Volvo Tidak Hapus Mobil BerpengendaraStockholm - Volvo saat ini memang tengah menggarap mobil dengan teknologi otonom. Meski nantinya mobil tanpa sopir tersebut telah mengaspal, bukan berarti Volvo bakal menghapus mobil dengan sistem kendaraan manual atau berpengendara.

Hal tersebut ditegaskan oleh CEO Volvo, Hakan Samuelsson. Ia mengatakan tidak semua konsumen merasa nyaman saat mengendarai mobil hanya mengandalkan fitur autopilot saja.

"Kami tidak memiliki ambisi untuk memiliki mobil yang dapat dikemudikan di lingkungan urban dari A hingga B. Jika anda adalah konsumen normal, apa yang anda impikan? Kami percaya situasi dimana tidak terlalu menyenangkan ketika anda mengganti ke sistem autopilot dan hanya duduk mengerjakan sesuatu yang lebih produktif. Produk itu yang sekarang kami kembangkan," kata Hakan, dilansir Mashable, Senin (6/6/2016).

Volvo sebenarnya telah mengerjakan mobil dengan teknologi otonom dengan nama Drive Me sejak 2013 lalu. Produsen mobil berbasis di Swedia itu bakal membuat mobil otonom XC90 sebanyak 100 unit yang dapat digunakan pengemudi berkendara di segala cuaca dan kondisi

Sambil menunggu mobil otonom rampung, Volvo telah menyematkan fitur semi otonom pada mobil yang diperkenalkan dalam Detroit Auto Show 2016 beberapa waktu lalu yakni S90.

Teknologi semi otonom yang dipasang pada sedan tersebut disebut dengan Pilot Assist. Sistem tersebut membuat mobil tetap berada di lajur jalan dengan tepat meski mobil sudah melaju sejauh 130 km per jam.
(nkn/lth)

0 comments:

Post a Comment