Friday, July 29, 2016

Mobil Tesla Tewaskan Pengemudi saat Autopilot Diaktifkan

Mobil Tesla Tewaskan Pengemudi saat Autopilot DiaktifkanFlorida - Seorang pengemudi Tesla tewas setelah sedan Tesla Model S miliknya menabrak truk trailer saat fitur Autopilot diaktifkan. Investigator mengatakan, ketika terjadi kecelakaan, mobil Tesla tersebut berjalan di atas kecepatan yang ditentukan.

Seperti dilaporkan Fox News, Rabu (27/7/2016), data yang diunduh dari Tesla Model S ini menunjukkan, kendaraan melaju dengan kecepatan 74 mil per jam atau 120 km/jam di Williston, Florida. Padahal, kecepatan di jalanan itu dibatasi hanya sampai 65 mil per jam atau 105 km/jam.

Menurut laporan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika, sopir bernama Joshua Brown (40 tahun) menggunakan fitur cruise control dan lane-keepin g pada saat kecelakaan. Fitur itu merupakan bagian dari sistem Autopilot kendaraan.

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) yang juga menyelidiki kecelakaan itu sebelumnya mengatakan, sistem Autopilot pada mobil Tesla tersebut menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Tesla Model S yang dikendarai Brown ini masuk ke kolong trailer. Truk trailer saat itu sedang berbelok kiri.

Sebenarnya sedan bertenaga listrik dari Tesla ini dilengkapi dengan pengereman darurat otomatis. Tesla dan NHTSA sebelumnya telah mengatakan bahwa sistem Autopilot tidak bisa membedakan sisi putih pada truk dengan langit yang terang benderang. Alhasil, tidak ada upaya pengeraman baik dari sistem Autopilot maupun secara manual dari Joshua Brown.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment