Tuesday, December 25, 2012

Uni Eropa Benci Mobil Bising

Uni Eropa Benci Mobil Bising Brussel - Meski saat ini sebagian besar mobil yang lahir ke dunia sudah lebih senyap dibanding mobil-mobil yang lahir beberapa dekade lalu, Uni Eropa nampaknya belum puas. Mereka ingin, tiap mobil tidak sebising sekarang.

Komite Lingkungan Uni Eropa seperti dilansir Left Lane News, Rabu (26/12/2012), telah memutuskan untuk membarui undang-undang terkait batas kebisingan kendaraan untuk membuka jalan agar mobil di masa depan menjadi lebih tenang lagi.

Belum diketahui berapa persen penurunan kebisingan itu akan ditetapkan. Tapi, bila aturan itu disetujui, maka kemungkinan Uni Eropa akan membentuk lembaga khusus yang menguji semua mobil yang beredar di sana mirip seperti lembaga pengetesan keamanan mobil (EuroNCAP) yang ada sekarang.

Tiap produsen pun harus mencantumkan label tingkat kebisingan mobil produksi mereka untuk memberi tahu konsumen.

Menurut rencana, kedua aturan itu akan dibawa ke Parlemen Eropa pada tahun depan yang masing-masing akan mulai berlaku dalam waktu setidaknya enam tahun lagi.

Alasan utama atura penurunan tingkat kebisingan ini memang belum mereka jelaskan, tapi mereka mengakui kalau kebisingan lalu lintas telah menggangu kesehatan masyarakat.

"Saya yakin bahwa undang-undang tersebut akan membantu untuk melindungi kesehatan warga Uni Eropa terhadap efek negatif dari kebisingan kendaraan bermotor," kata salah satu penggagas, Miroslav Ouzky.

0 comments:

Post a Comment