Saturday, January 12, 2013

Danet Suryatama Buka-bukaan Soal Fitur Tucuxi

Danet Suryatama Buka-bukaan Soal Fitur Tucuxi Jakarta - Pencipta mobil listrik Tucuxi, Danet Suryatama akhirnya buka-bukaan soal fitur yang terdapat di mobilnya. Danet pun membantah beberapa keterangan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

"Tidak benar bahwasanya pengereman Tucuxi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan rem (tanpa menggunakan mesin) seperti dinyatakan oleh Pak Dahlan," ujar Danet dalam siaran pers yang diterima detikOto, Sabtu (12/1/2013) malam.

Seperti halnya mobil listrik lainnya, Tucuxi diperlengkapi dengan motor controller yang mampu melakukan pengereman mesin/motor atau menghasilkan regenerative braking (pengereman regenerative).

Menurut Danet ada beberapa cara melakukan pengereman regenerative pada Tucuxi, yaitu mengangkat kaki dari pedal gas untuk memperlambat kendaraan dan/atau ganti driving selection.

"Dengan pengereman regenerative, mesin/motor akan memperlambat kecepatan putarnya untuk berfungsi sebagai generator mengisi ulang baterai," ujarnya.

Tucuxi adalah mobil yang didesain tanpa menggunakan girboks (atau multi gear transmission system).

Tucuxi didesain menggunakan single speed reduction gear (satu gigi penurun kecepatan) sebagai transmisinya. Transmisi satu gigi ini dipergunakan karena motor listrik (AC atau DC) mempunyai range yang lebar untuk putaran motornya (wide range rpm).

Tucuxi mempunyai efisiensi tinggi pada motornya serta mampu memperoleh torsi maksimum pada saat awal kendaraan melaju.

Penggunaan single speed reduction gear pada kendaraan listrik banyak dilakukan oleh berbagai kendaraan listrik dunia termasuk Tesla Roadster, Ariel Atom Wrightspeed X1, Ford Focus Electric, Mitsubishi I-MiEV, Nissan LEAF dan masih banyak lagi.

0 comments:

Post a Comment