Sunday, January 13, 2013

Dibawa 100 Km/Jam, Kabin Mobil Sering Muncul Bau Hangus?

Dibawa 100 Km/Jam, Kabin Mobil Sering Muncul Bau Hangus? Bogor - Mungkin bagi sebagian Otolovers semua pernah ada yang mengalami ketika mengendarai mobil dengan kecepatan 100 km/jam kemudian di dalam kabin mobil sering timbul bau hangus.

Namun ketika kecepatan diturunkan ke 60 km/jam bau hangus dalam kabin hilang dan akan timbul lagi jika digeber minimal 100 km/jam.

Tidak perlu panik Otolovers, itu terjadi karena ada salah satu bagian pada kap mesin atau salah satu komponen yang terbakar sehingga menimbulkan asap dan bau hangus pada kabin mobil.

Tentu saja hal ini cukup mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Usman kepala mekanik bengkel Tons2000 yang berada di Jalan Raya Taman Cimanggu, No.3, Bogor, Jawa Barat ini mengatakan bau tersebut ditimbulkan karena adanya kebocoran di ruang mesin yang mengenai bagian panas dari mesin mobil itu sendiri.

"Biasanya ada yang bocor seperti pada bagian oli. kebocorannya menetes ke bagian panas dari mesin itu sendiri yang akhirnya menimbulkan bau hangus karena adanya proses terbakar. Ini tidak berbahaya," tegas Usman saat berbincang dengan detikOto.

Untuk mengantisipasinya, lanjut Usman jika sedang dalam perjalanan jauh dan jauh dari bengkel maka solusinya yakni jangan menggeber mobil terlalu kencang.

Bawa mobil dengan kecepatan 50 atau 60 km/jam. Jika masih tercium bau hangus pada kabin maka buka kaca mobil dan agar Anda dan penumpang lainnya tidak akan merasa bau.

"Ketika membuka kaca mobil usahakan AC dalam keadaan mati. Setelah dibuka kaca dan AC dimatikan maka bau tersebut sudah hilang, Anda kembali tutup kaca dan nyalakan kembali AC kemudian berkendara lah dengan kecepatan normal sampai menemukan bengkel terdekat," lugasnya.

Usman melanjutkan, jika sudah terjadi hal seperti itu ada baiknya bagian yang bocor tadi diganti dengan yang baru. Karena jika hanya diservis atau diperbaiki bau hangus itu akan terus terjadi.

"Kejadian ini biasanya sering terjadi pada mobil yang umurnya sudah lebih dari 7 tahun," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment