Sunday, January 13, 2013

Soal Tucuxi, Salah Danet atau Dahlan Iskan?

Soal Tucuxi, Salah Danet atau Dahlan Iskan? Jakarta - Kecelakaan Menteri BUMN Dahlan Iskan ketika mengetes mobil sport listrik berbuah kontroversi. Dahlan mengatakan kalau kecelakaan terjadi karena rem blong dan sistem transmisi yang tidak memadai. Hal itu kemudian dibantah oleh pencipta Tucuxi dan mengatakan kalau kecelakaan itu buah dari tindakan Dahlan mengutak-atik Tucuxi tanpa sepengetahuan dirinya. Siapa yang salah?

Baik Dahlan Iskan maupun pencipta Tucuxi mengatakan hal yang berbeda terkait kecelakaan ini. Dahlan mengatakan ini salah mobilnya, sementara Danet mengatakan ini adalah akibat dari cara tim Dahlan yang mengutak-atik mobil tersebut tanpa dirinya padahal Tucuxi masih dalam tahap prototype dan harus dipegang langsung oleh dia sebelum mobil ini resmi diluncurkan.

Namun dimata pengamat otomotif yang juga pengajar ITB Tri Yuswidjajanto titik terang mengenai siapa yang salah diantara keduanya bisa dilihat bila kausul kontrak diantara keduanya dibuka ke publik.

"Sekarang kita tidak bisa bilang siapa yang benar, siapa yang salah," kata dia.

Lebih lanjut Tri menjelaskan kalau kebenaran akan terungkap mengenai pihak mana yang benar dan pihak mana yang salah bilamana kausul kontrak diantara keduanya dibuka.

"Dari situ kita bisa lihat status pembuatan mobil ini seperti apa. Kalau ini sistemnya 'jual putus' maksudnya seperti Anda membeli lalu saya membuatkan sesuai dengan kemauan Anda, spesifikasi yang Anda mau lalu setelah serah terima dari saya, Anda mengutak-atik yang berakibat performa mobil jadi tidak seperti awalnya dan berakibat pada kecelakaan, saya tidak salah karena itu akibat Anda yang mengutak-utik. Anda juga tidak bisa disalahkan orang karena mobil itu memang sudah punya Anda yang bebas Anda utak-utik," jelas Tri.

"Tapi beda halnya kalau ini adalah proyek bersama. Kalau ini proyek bersama yang akan ditindak-lanjuti bersama, maka semua unsur dari yang bikin perjanjian harus mengetahui apa yang terjadi di mobil itu. Tidak boleh ada satu pihak yang membongkar sendiri mobil itu tanpa sepengetahuan pihak lain," tambahnya lagi.

"Jadi memang harus dilihat dulu kausul kontraknya seperti apa," lugas Tri.

Menteri BUMN Dahlan Iskan sendiri mengalami kecelakaan saat mengetes mobil sport listrik Tucuxi yang masih prototype di Plaosan, Magetan beberapa waktu lalu.

0 comments:

Post a Comment