Sunday, May 12, 2013

Aventador Edisi Ultah Lamborghini Diminati Orang Kaya Indonesia

Aventador Edisi Ultah Lamborghini Diminati Orang Kaya Indonesia Jakarta - Chief Executive Officer Lamborghini Stephan Winkelmann tak sedang berbasa-basi saat memperkenalkan Lamborghini Aventador LP720-4 50 Anniversario sebagai mobil besutannya yang memiliki nilai tinggi.

Bukan sekadar ubahan dan keunikan tertentu yang membuat model itu memiliki nilai lebih.

"Proses dan waktu kelahirannya, yang menandai perjalanan sejarah kami, adalah nilai yang sangat berharga,” tutur Winkelmann seperti dilansir China Car News beberapa waktu lalu.

Pernyataan orang nomor satu di Lamborghini di acara Shanghai Motor Show pada 20 April lalu itu dinilai sejumlah kalangan sangat beralasan. Maklum, Lamborghini
Aventador itu diluncurkan sebagai edisi khusus penanda kelahiran merek sekaligus perusahaan sohor asal Italia tersebut.

"Bagi kolektor, mobil eksotis edisi khusus buatan pabrikan terkenal
merupakan sarana investasi," tutur pengamat otomotif Suhari Sargo.

Pendapat kolektor mobil langka Daniel Morris Tuerah setali tiga uang. Menurut dia, ada beberapa faktor penunjang nilai sebuah mobil yang layak dikoleksi. Pertama jenis atau varian mobil yang bersangkutan, kedua jumlahnya, dan
ketiga faktor kesejarahan.

Faktor kesejarahan yang dimaksud Daniel bisa bermacam-macam. Misalnya mobil tersebut pernah dimiliki tokoh terkenal atau dibuat dalam rangka momen tertentu. Bisa juga karena diproduksi pada saat berbarengan dengan peristiwa yang menghebohkan dunia.

"Nilai itu akan melonjak beberapa tahun atau dekade kemudian. Ya, inilah investasi seperti investasi lainnya," katanya melalui telepon.

Saat diperkenalkan di Shanghai Motor Show 2013, harga Lamborghini Aventador LP720-4 50 Anniversario diperkirakan mencapai 7,6 juta yuan atau sekitar Rp 11 miliar.

Harga setinggi itu rupanya tak membuat ciut nyali beberapa orang kaya di Tanah Air.

"Sudah ada yang menanyakan kepada kami (kapan dijual di Indonesia), tapi kami belum bisa memastikannya," tutur Chief Operation Officer PT Artha Autoâ€"pemegang
merek Lamborghini di Indonesia Endy Kusumo saat dihubungi.

Pabrikan Italia itu hanya memproduksi 200 unit Lamborghini Aventador LP 720-4 edisi khusus ultah ini untuk konsumen mereka di seluruh dunia.

Jumlah 200 unit itu pun terbagi dua, 100 unit versi coupe dan 100 unit lagi adalah versi roadster.

Namanya edisi khusus, tentu mobil ini dibuat istimewa. Selain gimmick seperti emblem dan bordiran tanda 50 tahun, mobil ini ternyata memiliki tenaga yang lebih besar dari Aventador pada umumnya.

Untuk edisi khusus ini, Lamborghini meracik ulang mesin 6.5 liter dengan 12 silinder yang digendong Lamborghini Aventador LP 720-4 untuk mendapatkan tenaga hingga 720 hp atau 20 hp tenaga tambahan bila dibanding Aventador reguler.

Dengan tenaga besar itu, mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 2,9 detik saja dan memiliki kecepatan puncak hingga 350 km/jam.

Artikel ini sudah dimuat di Harian Detik Edisi Minggu, untuk membaca lengkap klik sini

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment