Thursday, August 15, 2013

Mobil Keluaran 2013 Konsumsi BBM-nya Lebih Irit

Mobil Keluaran 2013 Konsumsi BBM-nya Lebih Irit Washington - Saat ini memiliki kendaraan yang irit bahan bakar (BBM) menjadi tujuan utama calon pembeli mobil. Efeknya pabrikan pun mencoba membuat mobil lebih irit lagi.

Seperti halnya di Amerika Serikat (AS),rata-rata mobil keluaran tahun 2013 konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Menurut laporan bulanan yang dirilis oleh Universitas Michigan menyebutkan terhitung sampai Juli konsumsi BBM mobil keluaran 2013 yang dijual di AS menjadi 24,7 mpg (mil per galon) atau naik 1,2 mpg dibanding dengan mobil keluaran 2012 lalu.

Project Manager di University Transportation Research Institute, Schoettle, mengatakan konsumsi BBM kendaraaan baru cukup stabil dalam beberapa bulan belakangan ini.

"Kami rasa ini masih hanya dampak awal dari kenaikan harga BBM di AS, jadi masih telihat cukup stabil dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya," katanya seperti detikOto kutip di Autonews.

"Angka ini juga semakin menunjukan kalau mobil irit terlihat banyak digemari konsumen dan banyaknya model baru yang terjual di tahun ini," timpal Schoeetle.

Rata-rata konsumsi bahan bakar kendaraan baru yang terjual di bulan Juni 2013 ini naik 4,7 mpg dibandingkan bulan OKtober 2012 lalu. Data itu dihimpun ketika pertama kali peneliti mengumpulkan data.

Schoeetle menambahkan, kalau dirinya tidak mengharapkan perubahan besar dalam hal konsumsi bahan bakar di kendaraan baru yang terjual di bulan depan kecuali bila harga bensin naik atau turun dengan signifikan.

"Sejauh ini tren menunjukan bahwa rata-rata konsumsi bahan bakar mobil keluaran 2013 lebih irit. Rata-rata untuk tahun ini sudah 1,2 mpg lebih irit dibandingkan tahun lalu. Peningkatan paling besar terlihat ketika kami melakukan penelitian di awal," tuntasnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment