Tuesday, August 6, 2013

Rossi, Lorenzo, dan Stoner Lakukan Tes MotoGP Pekan Ini

Rossi, Lorenzo, dan Stoner Lakukan Tes MotoGP Pekan Ini Jakarta - Libur balapan tak berarti tim dan rider MotoGP tak beraktivitas. Sebaliknya, di tengah pekan ini tes akan dilakukan oleh beberapa tim, dengan melibatkan pebalap seperti Jorge Lorenzo, Valentino Rossi sampai Casey Stoner.

Duo Yamaha, Rossi dan Lorenzo, akan melakukan ujicoba di Sirkuit Brno, lokasi seri MotoGP berikutnya pada 25 Agustus mendatang. Lorenzo akan berharap ujicoba tersebut tak akan diganggu cedera collarbone yang didapatnya karena kecelakaan beberapa pekan lalu. Sementara untuk Rossi, dia tengah menjalani salah satu periode terbaik dalam beberapa musim terakhir setelah selalu naik podium di tiga balapan terakhir.

Selain melakukan tes di Brno, Yamaha juga melakukan ujicoba di Twin Ring Montegi melalui dua pebalapnya Katsuyuki Nakasuga dan Wataru Yoshikawa. Demikian dikutip dari situs resmi MotoGP.

Masih dari Twin Ring Motegi, Casey Stoner akan melakukan comeback di ajang MotoGP, meski cuma sebatas tes. Juara dunia 2007 dan 2011 itu akan kembali menunggangi HRC dalam sebuah sesi ujicoba di lintasan yang sama.

Tak mau ketinggalan oleh ujicoba yang dilakukan oleh Honda dan Yamaha, Suzuki pun melakukan hal yang sama demi mempersiapkan diri melakukan comeback di tahun 2015. Suzuki disebutkan akan melakukan pengujian terhadap sasis, mesin hingga paket mesin.

"Kami masih berujicoba dan terus mengembangkan motornya. Kami akan terus bekerja mengumpulkan data dari tes sebelumnya yakni di Motegi, Barcelona dan Aragon. Perkembangannya belum berhenti, dan di pekan ini kami mempersiapkan beberapa hal seperti perlengkapan elektronik, sasis, dan paket mesin demi menemukan perkembangan dalam hal performa," ungkap manajer tim Suzuki, Davide Brivio.

Marquez Tunggu Kepulihan Lorenzo-Pedrosa untuk Ukur Kemampuan

Dua kemenangan di Jerman dan Amerika Serikat tak membuat Marc Marquez jemawa. Disebut pebalap muda Honda itu, posisi dirinya yang sebenarnya baru diketahui setelah Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo pulih.

Tiga balapan terakhir menjadi berkah tersendiri buat Marquez menyusul beberapa kecelakaan yang menimpa pesaing-pesaingnya. Dari aksi-aksinya di Belanda, Jerman dan Amerika Serikat, pebalap rookie itu kini bertengger di puncak klasemen dan dianggap punya peluang untuk mempertahankannya sampai akhir musim.

Di sisi lain, Lorenzo mengalami nasib nahas usai mengalami kecelakaan di Assen dan Sachsenring. Pun begitu dengan Pedrosa yang celaka di MotoGP Jerman. Faktanya, Lorenzo dan Pedrosa tak berpartisipasi di Jerman dan berada dalam kondisi tak ideal saat memaksakan diri tampil di MotoGP AS.

Memanfaatkan momen tersebut, Marquez tampil meyakinkan dengan jadi juara pada dua balapan terakhir. Sukses yang diakui Marquez banyak terpengaruh dengan kecelakaan yang menimpa dua pesaing utamanya itu.

"Mereka mengambil risiko dengan datang ke Laguna Seca. Dani dapat 11 poin sementara Jorge dapat 10. Saya pikir mereka melakukan pekerjaan yang sangat bagus karena bahkan saat cedera Dani hanya tertinggal sembilan detik di belakang saya dan Lorenzo 12 detik," sahut Marquez di Crash.

"Atas alasan itulah saya tertarik untuk kembali membalap dengan mereka saat mereka dalam kondisi 100%. Lalu kita akan lihat realitasnya - di mana level saya," lanjut dia.

Terlepas dari faktor cedera Lorenzo dan Pedrosa, Marquez tetap tampil mengesankan di musim 2013 ini. Dari sembilan balapan yang sudah dijalani dia berhasil delapan kali naik podium - termasuk meraih tiga kemenangan. Satu-satunya race yang gagal dituntaskan dengan poin adalah saat tampil di Italia.

(din/syu)

0 comments:

Post a Comment