Friday, September 13, 2013

Mobil Lisrtik Jadi Taksi? Barcelona yang Pertama

Mobil Lisrtik Jadi Taksi? Barcelona yang Pertama Barcelona - Barcelona, Spanyol akan menjadi kota pertama di dunia yang berkomitmen untuk menyajikan mobil listrik sebagai transportasi publik. Barcelona juga akan memperbanyak jaringan pengisian tenaga mobil listrik.

Walikota Barcelona Xavier Trias dan CEO Nissan Carlos Ghosn bersama-sama mengumumkan kalau mobil listrik Nissan e-NV200 sebagai taksi di kota yang terkenal dengan tim sepakbola Barcelona FC tersebut.

Dengan begitu, Barcelona menurut Nisssan akan menjadi kota pertama di dunia yang berkomitmen untuk memperkenalkan dan menggunakan mobil listrik sebagai transportasi yang dapat diakses publik.

Nissan dan Barcelona akan bekerja sama untuk mensosialisasikan mobil listrik di kota tersebut. Nissan akan berinvestasi hingga 100 juta euro untuk memproduksi e-NV200 dan merekrut 700 pegawai baru untuk itu.

Versi listrik dari mobil yang di Indonesia dikenal dengan nama Evalia ini nantinya dari Barcelona akan diekspor ke seluruh dunia.

"Kami memuji kota Barcelona untuk membuat komitmen ini untuk mengintegrasikan Nissan e-NV200 menjadi armada taksi kota," kata Ghosn.

Sementara walikota Barcelona memandang dengan adanya mobil taksi dari mobil listrik, Barcelona akan berada di garda terdepan dalam sosialisasi kendaraan ramah lingkungan. Dia berharap kota-kota lain diseluruh dunia akan mengikuti Barcelona untuk mempromosikan kendaraan nol-emisi.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment