Saturday, September 7, 2013

Ponsel Bisa Bantu Hindari Kecelakaan

Ponsel Bisa Bantu Hindari Kecelakaan Ohio - Smartphone ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengakses sosial media atau bermain game. Teknologi smartphone juga rupanya bisa membantu menghindari kecelakaan.

Teknologi tersebut tengah dikembangkan oleh pabrikan mobil Honda. Teknologi ini dibuat sedemikian rupa dan terintegrasi pada komputer onboard mobil dan smartphone.

Dilansir The Age, Sabtu (7/9/2013) cara kerja teknologi ini menggunakan radar. Untuk bisa 'mengobrol' satu sama lain, harus tersedia chip komputer yang tertanam pada kendaraan, motor dan ponsel.

Nantinya pejalan kaki dapat saling memberi tahu keberadaan masing-masing dan mendeteksi jika mereka berada di jalur tabrakan. Peringatan akan muncul di layar kendaraan dan telepon.

Layar pada mobil akan berkedip jika ada pejalan kaki, dan jika orang terus bergerak, layar memperingatkan pengemudi untuk melakukan pengereman.

Sementera jika pengemudi tidak bereaksi cepat, kendaraan diprogram untuk berhenti secara otomatis.

Teknologi yang tersemat di mobil akan terintegrasi dengan sistem pengereman, sehingga teknologi ini semakin maksimal menyelamatan pengendara, penumpang, peseda dan pejalan kaki.

Saat ini penelitian tengah dilakukan di pusat penelitian dan pengembangan Honda di Raymond, Ohio, Amerika Serikat.

Adapun, teknologi canggih tersebut merupakan bagian dari inisiatif Honda untuk menghindari kecelakaan maut.

"Keselamatan adalah dasar alasan kami mengembangkan teknologi ini," kata Senior Vice President Honda Amerika Utara, Rick Schostek.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment