Saturday, February 22, 2014

Honda Mulai Terbuka pada Orang Asing

Honda Mulai Terbuka pada Orang AsingTokyo - Tidak seperti produsen Jepang lainnya yang tak ragu memasang orang di luar Jepang untuk mengisi jabatan puncak di dewan direksi, Honda termasuk yang tertutup. Jajaran manajemen puncak masih dihuni oleh orang-orang Jepang.

Namun kini angin yang berbeda mulai berhembus di pabrikan yang berlogo H ini. Honda seperti dilaporkan Reuters mulai mempertimbangkan untuk memasukkan orang asing ke jabatan yang diisi oleh pria semua itu.

"Saya rasa kami harus mulai memikirkan dengan sangat serius," ujar Executive Vice President Honda Tetsuo Iwamura ketika ditanya soal orang asing di dewan direksi Honda.

Honda tidak seperti Toyota atau Nissan yang sudah membiarkan orang asing mengisi jabatan puncak. Nissan, misalnya, jabatan CEO dipegang oleh pria keturunan Prancis-Lebanon, Carlos Ghosn. Sementara dari 58 direktur, 15 orang merupakan non Jepang dan salah satunya wanita.

Toyota di sisi lain, memilih pria Amerika Mark Hogan untuk masuk ke jajaran direksi. Dari sekitar 68 direktur dan auditor, 7 adalah orang asing dan satu wanita.

Perusahaan besar Jepang memang tengah didorong untuk mengambil orang asing untuk meningkatkan tata kelola perusahaan, pengelolaan risiko, dibanding mengisi jabatan direksi dengan orang senior asal Jepang yang sudah lama berkarir di perusahaan.


0 comments:

Post a Comment