Wednesday, April 9, 2014

Toyota Menarik Jutaan Mobil di Seluruh Dunia

Toyota Menarik Jutaan Mobil di Seluruh DuniaTokyo - Akhir-akhir ini berita mengenai recall atau penarikan kembali sering terdengar. Setelah GM, Mazda, BMW dan Ford menarik kembali mobilnya, kini giliran produsen mobil terbesar di dunia, Toyota yang harus menarik jutaan unit mobilnya di seluruh dunia.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (10/4/2014) Toyota pada Rabu (8/4/2014) menyatakan menarik 6,39 juta unit mobil karena 5 masalah yang berbeda. Penarikan itu menjadi pukulan baru bagi Toyota karena terkait masalah reputasinya dalam kualitas dan keamanan.

"Toyota Motor Corporation mengumumkan 5 penarikan yang termasuk 26 model Toyota, Pontiac Vibe dan Subaru Trezia. Beberapa model ada yang mengalami penarikan lebih dari 1 kali, total mobil yang harus ditarik sebanyak 6,39 juta unit," beber pernyataan Toyota.

Lebih lanjut, 5 masalah yang mengharuskan Toyota menarik jutaan mobilnya itu seperti adanya cacat pada bagian kursi pengemudi, masalah kolom kemudi dan masalah starter mesin yang berisiko menimbulkan kebakaran.

Mobil yang harus ditarik diantaranya Corolla, SUV RA4 dan Yaris. Akibat masalah ini, produsen mobil asal Jepang ini mengaku telah menerima 2 laporan mengenai kebakaran akibat masalah starter, tapi tidak diketemukan adanya laporan kecelakaan akibat masalah-masalah tersebut.

Toyota Australia menuturkan per yang menahan kursi pengemudi bisa rusak jika jok digerakkan ke depan dan belakang secara terus menerus. Di Australia total ada 118.600 Yaris tipe sedan dan hatchback yang diproduksi antara Juni 2005 sampai Mei 2010 harus ditarik.

Model lain yang direcall adalah pikap Hilux yang diproduksi sekitar April 2004 sampai Desember 2009. Khusus untuk Hilux mobil harus ditarik karena kabel spiral yang merupakan bagian dari supplementary restraint system (SRS) yang terletak antara steering wheel dan steering column bisa mengalami kerusakan.




0 comments:

Post a Comment