Sunday, November 16, 2014

Die Cast, Nostalgia Masa Kecil

Die Cast, Nostalgia Masa KecilJakarta - Di Indonesia kebanyakan masyarakat menganggap miniatur mobil hanya sebagai mainan anak-anak. Tapi, mobil cilik itu tidak melulu dimainkan anak-anak. Bahkan orangtua sekalipun banyak yang mencintai die cast (mainan atau model miniatur) mobil.

Salah satunya Vero (45). Meski usianya sudah sangat dewasa, Vero masih mengoleksi mobil-mobil kecil. Ia mengaku suka sekali dengan model Hot Wheels Drag Bus.

"Jadi gini, sebetulnya waktu kita masih anak-anak, mungkin ada sesuatu yang kita mau, sama orang tua kita 'ah udah jangan dibeli nanti dulu'. Enggak dikasih, kita nangis. Begitu kita besar, sudah mempunyai penghasilan sendiri, jadi keinginan itu kayak terbalaskan gitu. Nostalgia masa kecil," ujar Vero kepada detikOto saat ditemui di Indonesian Diecast Expo 2014 di Balai Kartini, Jakarta, kemarin.

Wawan (43) pun punya hobi yang sama, mengoleksi miniatur mobil. Menurutnya, kebanyakan orang di luar negeri yang mengoleksi miniatur itu bukanlah anak-anak melainkan orang dewasa.

"Kemungkinan jenisnya itu macam-macam. Dan mungkin mereka berpikirnya wah ini unik, jadi mereka juga ngumpulin, dan penggemarnya di dunia tambah banyak," kata Wawan.

Jadi, kata Wawan, kalau untuk orang dewasa biasanya mengoleksi karena keunikannya. "Kalau untuk anak-anak kan mungkin untuk mainan saja," ujarnya.

"Karena memang Hot Wheels juga mengeleurakan versi Fast and The Furious, James Bond karena apa, mungkin mereka juga sudah tahu nih, wah ternyata bukan untuk anak-anak saja," lanjut Wawan.

Hal senada juga dikatakan Achmad Dimas Ramadhana (29). Menurut pria yang kerap disapa Ucok itu, die cast ini sebenarnya bukan untuk dimainkan anak-anak. Untuk kolektor seperti Ucok, cukup melihat pajangan die cast mereka sudah puas.

"Kita (kolektor) sebenernya untuk menikmati hanya melihat, sayang untuk dimainkan. Beda kalau anak kecil, mereka anggap ini mainan. Mereka bisa mainin. Nah, kalau untuk kolektor ini barang koleksi bukan barang mainan," ujar Ucok.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment