Monday, December 29, 2014

Jangan Sepelekan Pentil Ban, Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan

Jangan Sepelekan Pentil Ban, Agar Aman dan Nyaman di PerjalananJakarta - Ban memiliki peran penting bagi kenyamanan dan keamanan berkendara dengan mobil. Selain ukiran tapak ban dan tekanan angin, bagian terpenting yang tak boleh dilupakan adalah pentil atau katup ban.

Tips yang dilansir laman Tyre Plus Inggris, Selasa (30/12/2014) menyebut meski terlihat sepele dan remeh namun pentil ban mempunyai peran yang sangat penting bagi keamanan sebuah ban.

Bagian terkecil dari ban itu bertugas menahan tekanan angin di dalam ban agar tak tersembur keluar sehingga membuat pengemudi mobil dan seisinya celaka.

"Selama penggunaan, katup (pentil) dapat menjadi rusak atau aus, pasti akan memburuk melalui penuaan dan kekuatannya pun menurun," tulis laman itu.

Untuk alasan keamanan dan kenyamanan berkendaraan, kondisi pentil wajib diperhatikan. Setidaknya â€Â" bagi mobil yang tidak dilengkapi fitur sensor tekanan ban seperti mobil keluaran terbaru â€Â" memeriksa pentil setiap tiga bulan sekali dan mengganti angin ban merupakan tindakan yang wajib dilakukan.

Menjaga peranti itu dari kotoran yang menyebabkannya tersumbat atau korosi sangatlah penting. Bila tidak tekanan angin akan berkurang secara tiba-tiba atau bahkan ban pecah seiring dengan rusaknya pentil secara tiba-tiba.

Pentil memang murah dan terlihat sepele, namun peranannya dalam menghadirkan kenyamanan dan keamanan berkendara sangat berarti.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment