Monday, December 29, 2014

Kini, Teknologgi HUD Juga Digunakan di Motor

Kini, Teknologgi HUD Juga Digunakan di MotorLondon - Teknologi Heads Up Display (HUD) kini tak hanya digunakan di mobil saja, tetapi juga akan dipakai di kendaraan bermotor roda dua. Penggunaan teknologi HUD di helm itu diyakini akan meningkatkan konsentrasi pengendara, sehingga berkendara pun lebih aman.

Seperti diwartakan Forbes, Senin (29/12/2014), adalah Bikesystems, sebuah perusahaan asal Inggris yang telah mengembangkan teknologi HUD untuk sepeda motor itu. Pabrikan itu mengklaim teknologi HUD di helm, merupakan yang pertama di dunia. Soalnya, Perusahaan pesaing baru akan merilisnya pada 2015.

Pada dasarnya, sistem HUD yang dipasang di helm itu bisa meningkatkan keselamatan. Sebab, pengendara tidak harus memecah konsentrasi dan penglihatan jika melirik panel instrumen pada motor.
Selain itu, teknologi ini juga menggabungkan fitur tambahan seperti kamera belakang, sistem kamera untuk memberikan peringatan kecepatan dan GPS. Sistem yang akan menampilkan informasi di kaca helm ini tidak memerlukan baut, lem maupun metode pemantekan lainnya yang bisa mempengaruhi fungsi helm.

Managing Director Bikesystems Dave Vout mengatakan, hal itulah yang membuat pesaingnya belum mampu menghasilkan fitur yang dapat digunakan. Menurutnya, mereka kurang memperkirakan jumlah pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan.

"Bikesystems layaknya gunung es. Pada saat kami harus mulai menjual, ada empat tahun penelitian dan uji coba lapangan yang harus dilakukan," tambahnya.

Untuk menampilkan informasinya, fitur HUD akan menyesuaikan warna tampilannya. Jika cahaya di luar cerah, maka tampilan huruf dan gambar pada informasi memiliki warna yang kontras dengan cahaya.

"Ada potensi yang serius untuk gangguan ketika Anda meletakkan sesuatu yang begitu dekat dengan mata Anda. Jadi kami menghabiskan banyak waktu untuk memastikan itu menampilkan apa yang Anda inginkan pada saat yang tepat," kata Vout.




(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment