Monday, February 23, 2015

Buntut Penarikan Jutaan Mobil, Bos Honda Motor Mundur

Buntut Penarikan Jutaan Mobil, Bos Honda Motor MundurTokyo - Penarikan jutaan unit mobil buatan Honda akibat airbag yang bermasalah, berbuntut panjang. Chief Executive Officer Honda Motor Company, Takanobu Ito mengundurkan diri dan digantikan Takahiro Hachigo.

Dalam pernyataan Honda, Hachigo saat ini adalah bos Honda untuk Riset dan Pengembangan, Pembelian, serta Produksi Honda di Tiongkok. Pria berusia 55 tahun itu resmi menduduki jabatan Chief Executive Officer Honda Motor pada akhir Juni mendatang.

“Penetapan itu akan dilakukan setelah persetujuan pada rapat umum pemegang saham tahunan bulan tersebut (Juni),” bunyi pernyataan Honda.

Ito, 61 tahun yang menjabat sebagai CEO pada 2009, memimpin Honda di rentang waktu yang penuh gejolak dan ditandai dengan krisis keuangan. Pada 2011 misalnya, Jepang mengalami bencana tsunami, tak lama kemudian banjir di Thailand yang juga cukup membuat repot Honda.

Ujung dari semua itu adalah, terkikisnya laba perusahaan. Sedangkan pada 2014 lalu, jutaan unit mobil Honda harus ditarik karena airbag buatan Takata Corporation yang digunakan mobil besutannya bermasalah.

Adapun Hachigo, bergabung dengan Honda sejak 1982 dan memulai karirnya di bagian Riset dan Pengembangan, khususnya unit desain sasis kendaraan.

Pada 2004 â€Â" 2006, dia ditugaskan ke Honda Amerika sebagai Senior Vice President Riset dan Pengembangan untuk membantu pengembangan mobil Honda untuk pasar lokal serta merek Acura.

Jabatannya naik pada 2012, sebagai Vice President and Director Honda Motor Eropa, dan setahun kemudian ditunjuk sebagai presiden perusahaan Riset dan Pengembangan Eropa yang berkantor pusat di Inggris.

Setahun kemudian, Honda memintanya ke Tiongkok untuk memimpin Pengembangan, Pembelian, serta Produksi Honda di negeri itu. “Dia sangat kaya pengalaman di berbagai wilayah,” tutur Ito.


0 comments:

Post a Comment