Monday, February 23, 2015

Berapa Harga BBM di Finlandia?

Berapa Harga BBM di Finlandia?Levi - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di setiap negara pasti memiliki perbedaan. Ada yang murah bahkan ada juga yang mahal. Di negara seperti di Finlandia, harga BBM-nya memang lebih mahal dibandingkan di Indonesia.

Saat reporter detikOto, Aditya Maulana berkunjung ke Helsinki dan Levi, di Finlandia atas undangan dari PT Pertamina Lubricants untuk meliput acara program Fastron Winter Driving Experience (FWDE) 2015 sempat melihat beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Helsinki dan Levi.

Ada beberapa perusahaan minyak yang menjual BBM di Helsinki dan Levi, Finlandia. Seperti yang dilihat oleh detikOto, di Levi ada SPBU dengan nama Neste Oil, ABC dan banyak lagi yang lainnya. Begitu juga di Helsinki.

Baik itu di Helsinki (ibu kota Finlandia) dan Levi, harga BBM yang dijajakan tetap sama yakni untuk bahan bakar jenis diesel dijual dengan harga 1,429 euro atau setara dengan Rp 20 ribuan/liter, BBM Ron98 dijual 1,549 euro atau setara dengan Rp 22 ribuan/liter dan BBM Ron95 dijual 1,489 euro atau setara dengan Rp 21 ribuan/liter.

Owner Levi Rally Center Jani Ylipahkala mengatakan, BBM di Finlandia paling rendah Ron 95 dan harganya tetap sama meski operator penjual BBM-nya berbeda.

"Harganya tetap sama. Di sini ada beberapa operator SPBU," tutur Jani Ylipahkala.

Di hari lainnya, detikOto bersama rombongan menyewa 1 mobil Volkswagen (VW) Caravan untuk berkunjung ke Levi Rally Center. Karena peraturan di tempat penyewaan mobil itu mengharuskan mobil yang disewa kondisi BBM-nya harus sama seperti semula atau pada awal peminjaman.

"Di sini seperti ini, berangkat bensin penuh, pas dikembalikannya juga harus penuh lagi," tutur Brand Ambassador PT Pertamina Lubricants, Rifat Sungkar kepada detikOto.

Otomatis sebelum mobil itu dikembalikan harus diisi bensin sampai di posisi semula. Ketika mengisi bensin berbeda dengan di Indonesia yang masih dilayani, di Levi, Finlandia, setiap mobil yang mengisi BBM harus dilakukan secara sendiri (mandiri).


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment