Friday, April 24, 2015

Di India, Jazz Baru Pakai Transmisi CVT Honda City

Di India, Jazz Baru Pakai Transmisi CVT Honda CityNew Delhi - Honda akan meluncurkan Honda Jazz versi baru di India pada Juni 2015 mendatang. Salah satu ubahan yang dilakukan Honda di model ini adalah, menggunakan transmisi Continously Variable Transmission (CVT) milik sedan Honda City.

Seperti dilaporkan Autocar India, Jumat (24/4/2015), Jazz akan mengunakan CVT belt-and-pulley yang ada di Honda City. Alasannya, gearbox CVT itu selama ini terbukti telah memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Memang, mobil dengan gearbox CVT ini lajunya lebih lemot. Hal itu terjadi di saat mobil dalam kecepatan rendah. Walhasil, respons yang kurang baik dari gearbox bakal menyebabkan reaksi di putaran mesin rendah juga kurang bagus.

Namun, Honda mengaku telah memecahkan persoalan itu dengan memperkenalkan konverter torsi berukuran kompak dan ramping pada gearbox itu. Hasilnya, Honda City yang bertransmisi CVT ini, tak mengalami masalah pada kecepatan rendah dan menengah.

Konverter torsi bertugas untuk terus mengirimkan torsi ke mobil. Bahkan, pada putaran rendah dan menengah sekalipun sehingga reponsifitas mesin lebih baik.

Di India, Honda menawarkan Jazz dalam dua pilihan mesin yakni diesel 1.500 cc dan bensin 1.200 cc. Varian mesin diesel menggunakan transmisi manual sementara mesin bensin ditawarkan dalam tipe bertransmisi manual dan otomatis CVT.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment