Saturday, May 2, 2015

Mulai 2018, Panggilan Darurat Otomatis Jadi Fitur Wajib di Mobil Eropa

Mulai 2018, Panggilan Darurat Otomatis Jadi Fitur Wajib di Mobil EropaJakarta - Perangkat panggilan darurat yang secara otomatis memberi peringatan penyelamatan bakal menjadi fitur wajib di semua mobil baru di Eropa mulai tahun 2018. Fitur itu memungkinkan mobil yang mengalami kecelakaan bisa dilaporkan langsung untuk meminimalisir korban jiwa.

Seperti dilansir Autocar, Sabtu (2/5/2015), Parlemen Eropa memutuskan untuk membuat teknologi emergency call, eCall sebagai fitur stadar di semua mobil dan light van. Penerapan ini dilakukan mulai 31 Maret 2018.

Sistem eCall sejatinya sudah dilengkapi di beberapa model mid-range. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan layanan darurat saat terjadinya kecelakaan di jalan. Jadi, respons yang diberikan akan lebih cepat dan tepat.

Parlemen Eropa berulang kali telah menekankan bahwa mengurangi angka kematian dan korban luka berat di jalan dalah prioritas. Dengan adanya fitur itu, angka kematian di jalan diperkirakan berkurang 10 persen per tahun.

Kekhawatiran atas penyalahgunaan data pemilik kendaraan juga telah dibahas. Akses pelacakan mobil yang dilengkapi eCall sebelum terjadi kecelakaan dilarang. Fitur otomatis eCall hanya menyediakan data dasar termasuk jenis kendaraan, lokasi dan waktu kejadian, jumlah penumpang serta jenis bahan bakar yang digunakan.

Selain itu, informasi yang dikumpulkan tidak dapat diteruskan ke pihak ketiga tanpa persetujuan. Produsen mobil juga harus memastikan bahwa data yang dikumpulkan dihapus secara permanen.

Anggota Uni Eropa pun diminta agar memiliki infrastruktur untuk memproses permintaan eCall pada Oktober 2017.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment