Sunday, September 13, 2015

Korbiyor, Mobil Jenazah Bertenaga Listrik dan Berteknologi Otonom

Korbiyor, Mobil Jenazah Bertenaga Listrik dan Berteknologi OtonomWashington - Mobil jenazah sangat diperlukan untuk mengantarkan jasad orang meninggal ke tempat peristirahatan terakhir. Mengikuti perkembangan teknologi, mobil jenazah pun mendapatkan teknologi terkini.

Adalah Korbiyor, mobil jenazah bertenaga listrik dan berteknologi otonom. Seperti dipublikasikan laman The Globe and Mail, Senin (14/9/2015), mobil jenazah listrik otonom futuristik ini memanfaatkan roda mecanum yang bisa membawa kendaraan berbelok ke mana pun.

Mobil jenazah masa depan ini dilengapi dengan peti mati transparan berpendingin. Peti mati itu bisa dinaikkan atau diturunkan dari kendaraan. Selain itu, ada juga proyektor multimedia dan surround sound system.

Korbiyor adalah kendaraan listrik all wheel drive yang mampu bergerak ke segala arah. Korbiyor bisa berputar secara perlahan dan bermanuver di tempat yang sempit sekalipun.

Korbiyor akan diprogram untuk mengikuti pemimpin prosesi pemakaman. Sebuah remote control dapat digunakan untuk memosisikan mobil dengan mudah dan cepat.

Selama membawa jenazah dari rumah duka ke tempat pemakaman, Korbiyor akan mengikuti orang yang berjalan di depannya. Mobil jenazah ini juga bisa berkendara sendiri tanpa adanya sopir dengan mengikuti jalur tertentu dengan kecepatan yang telah ditentukan. Mobil ini juga bisa dengan mudah menghindari rintangan yang tak terduga di jalan.

Peti mati transparan akan didinginkan oleh sel bahan bakar kendaraan. Dengan cara ini, suhu di dalam akan tetap dingin bahkan dalam cuaca terik.

Peti mati itu bisa dibuat dari plastik, kaca atau bahan lainnya. Peti transparan itu bisa menjadi menarik jika keluarga atau rekan ingin melihat jenazah untuk terakhir kali.

Pembuatnya memprediksi, ke depannya akan selalu ada kebutuhan kendaraan seperti Korbiyor. Prosesi pemakaman telah ada selama ribuan tahun dan konsep Korbiyor hanya membayangkan bagaimana mobil jenazah saat ini bisa berkembang dan dihubungkan dengan teknologi kendaraan masa depan seperti teknologi otonom, robotik atau multimedia.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment