Thursday, December 31, 2015

Edisi Khusus Toyota GT86 Segera Diproduksi, Hanya 100 Unit

Edisi Khusus Toyota GT86 Segera Diproduksi, Hanya 100 UnitTokyo - Setelah konsepnya dipamerkan di ajang Tokyo Auto Salon 2014, kini Toyota dikabarkan segera memproduksi edisi khusus dari mobil sport Toyota GT86. Namun, mobil  yang diracik oleh Gazoo Racing Master of Nurburgring (GRMN), itu hanya akan dipasarkan di Jepang dan hanya dibuat 100 unit.

Laman Autoevolution, Jumat (1/1/2016) melaporkan, edisi khusus yang dinamai Toyota 86 GRMN itu memiliki tampilan berkarakter agresif. Mesin Boxer 2.000 cc empat silinder yang diusungnya telah disempurnakan.

Walhasil tenaga yang disemburkan mencapai 216 bhp dan torsinya mencapai 160 lb-ft. Tenaga dan torsi itu disalurkan ke roda belakang dengan menggunakan transmisi manual enam tingkat percepatan.
 
GRMN juga melakukan sentuhan khusus di tampilan dengan membuat splitter depan dan sayap belakang lebih besar.

Meski memperbesar bagian itu, bobot mobil edisi khusus ini lebih ringan 100 pound ketimbang versi regulernya. Soalnya, kap menggunakan bahan dari serat karbon dan jendela menggunakan plexiglass.

Penyempurnaan juga terjadi di bagian suspensi. Pelek yang digunakan berukuran lebih besar, yakni 17 inci dan dibalut ban berukuran lebih besar. Sementara rem cakram berventilasi dengan enam pot kaliper untuk roda depan dan empat pot caliper di roda belakang.

Mobil yang dibuat hanya 100 unit itu akan dipmaerkan di ajang Tokyo Auto Salon 2016, januari mendatang. Harganya disebut-sebut mencapai US$ 53.800 atau sekitar Rp 744 juta.

Selama ini Toyota GT86 versi reguler dijajakan ke berbagai negara dengan nama yang berbeda-beda. Di Asia â€ÂÂ" termasuk Indonesia â€ÂÂ" mobil itu dikenal dengan nama Toyota 86. Begitu pun di Afrika Selatan, Amerika Selatan, dan Australia.

Selain itu juga ada yang menyebutnya Subaru BRZ, karena memang dibuat bersama dengan Subaru. Sedangkan di Jamaika dan Nikaragua dikenal dengan nama Toyota FT86.
(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment