Thursday, December 31, 2015

Saham Ferrari Aman dari Gonjang-ganjing

Saham Ferrari Aman dari Gonjang-ganjingMaranello - 2 Pemegang saham top Ferrari meneken perjanjian untuk melindungi saham yang mereka miliki di Ferrari. Kedua pemegang saham Ferrari itu yakni perusahaan investasi milik keluarga Agnelli, Exor, dan anak pendiri Enzo Ferrari, Piero Ferrari.

Perjanjian keduanya akan memberikan mereka sekitar 50 persen hak suara di Ferrari. Seperti dikutip Reuters, hal ini membuat Ferrari 'aman' dari pengambilalihan saham setelah Ferrari lepas dari tangan Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

FCA memutuskan melepaskan Ferrari dari line up brand-brand mereka pada awal Desember sebagai langkah untuk mengurangi utang yang mereka miliki.

Setelah Ferrari berkiprah sendirian, lepas dari FCA, Exor akan memiliki 23,5 persen saham yang memberikan mereka 33,4 persen hak suara. Sementara Piero Ferrari masih memiliki 10 persen saham, yang memberikan dia 15,4 persen hak suara. Jadi total hak suara keduanya mencapai 48,8 persen.

Dalam perjanjian kedua pemilik saham terbesar tadi, jika suatu hari saham Ferrari akan dijual ke investor lain, maka Exor akan memiliki hak untuk membeli pertama kali, sedangkan Piero Ferrari juga bisa melakukan penawaran pertama kali.

"Sekarang Ferrari memulai bagian baru dalam sejarahnya, kedua keluarga sudah menandatangani perjanjian untuk memberikan kestabilan bagi Ferrari dan menjamin kekuatan dan keunikannya di masa depan," ujar Chairman dan CEO Exor, John Elkann.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment