Thursday, December 31, 2015

Mobil Tanpa Sopir Takkan Ada di Jalanan Sampai Tahun 2025

Mobil Tanpa Sopir Takkan Ada di Jalanan Sampai Tahun 2025Berlin - Banyak pabrikan otomotif yang sudah mulai mengembangkan teknologi mobil otonom. Beberapa di antaranya optimistis mobil otonom bisa diproduksi massal dan digunakan di jalan umum mulai 2020.

Namun, seperti dilansir Autoevolution, Kamis (31/12/2015), Bosch sebagai perusahaan engineeing dan elektronik multinasional asal Jerman menentang optimisme pabrikan yang mengembangkan mobil otonom. Bosch menyebut, mobil otonom tak akan tersebar di jalanan umum sampai 2025.

Presiden Divisi Sistem Kontrol Sasis Bosch, Gerhard Steiger memprediksi, pada 2020 mobil baru bisa berpindah jalur tanpa kemampuan mengemudi otonom sepenuhnya. Dia mengindikasikan, mobil otonom sepenuhnya baru bisa digunakan pada 2025.

Memang, mobil otonom Google sudah melakukan perjalanan lebih dari 1 juta kilometer di jalam umum untuk diuji sejak 2012. Namun, Steiger mengatakan, hal itu belum cukup karena dibutuhkan pengujian lebih intens lagi dan penguji harus mencoba mobil otonom beberapa juta kilometer di jalan bebas hambatan.

Menurutnya, pengujian mobil otonom di dunia nyata harus dilakukan tidak hanya di dalam wilayah Amerika Serikat. Tapi, pengetesan di fasilitas pengujian dan negara lain yang legislatornya mengizinkan juga harus dilakukan.

Prediksi dan opini Steiger hadir tak lama setelah studi yang menunjukkan kelemahan dalam teknologi mobil otonom. Menurut studi itu, mobil otonom sepenuhnya telah mengalami kecelakaan lebih tinggi ketimbang mobil yang dikendarai manusia.
(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment