Wednesday, January 20, 2016

Riset: Pemasangan Kamera di Helm Tak Berbahaya

Riset: Pemasangan Kamera di Helm Tak BerbahayaLondon - Hasil penelitian yang dilakukan Transport Research Laboratory dan BBC menunjukkan, helm yang dipasangi kamera ternyata tidak membahayakan penggunanya. Fakta tersebut juga menyanggah kekhawatiran yang ada sebelumnya.

Seperti dilansir Visordown, Kamis (21/1/2016), penelitian yang dilakukan di sejumlah kota di Inggris beberapa waktu lalu itu, bertujuan untuk mencari tahu potensi bahaya pemasangan kamera terhadap kecelakaan. Helm yang diteliti terdiri dari beberapa jenis mulai dari helm bercangkang keras, hibrida, serta jenis EPS busa.

Sebagai acuan untuk penilaiannya adalah, Peraturan Uni Eropa 22,05, yang merupakan standar keamanan untuk helm sepeda motor. Dalam penelitia n itu didemonstrasikan beberapa penempatan kamera di helm, yakni di bagian samping, depan (di bagian atas  sisi depan helm atau di depan jidat pengguna), serta di bagian atas.

Kemudian, penelitian mengukur dampak dari pemindahan energi dari bobot kamera tersebut  terhadap bagian helm dimana kamera tersebut dipasang.

Setelah dilakukan simulasi, hasilnya menunjukan, pemasangan kamera itu tak berkotealsi positif dengan meningkatnya risiko cidera kepala di saat kecelakaan.

"Adanya kekhawatiran (tentang kamera di helm) telah memicu keinginan untuk membuktikan dampak keamanan memperbaiki kamera untuk helm. Hasilnya menggembirakan, bahwa berbagai konfigurasi yang telah diuji menunjukan masih memenuhi standar keamanan," ujar Richard Cuerden, Kepala Riset Ilmuwan di TRL.

Hanya, Cuerden mengatakan, ada beberapa variabel lain yang belum dibuktikan, yakni apakah dampak itu juga tidak terjadi pada semua helm buatan berbagai pabrikan dan dari segala jenis bahan. Oleh karena itu, lanjut dia, perlu penelitian lebih lanjut  dengan skenario,  obyek, serta ukuran penilaian yang sama.

Penelitian itu digelar karena semakin banyaknya pengguna kendaraan yang memasangi helmnya dengan kamera.  Bahkan, kabarnya, kecelakaan yang membuat pebalap F1 Michael Schumacher mengalami luka serius di bagian kepala pada 2013 lalu, salah satunya disebabkan pemasangan kamera pada helmnya.
(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment