Sunday, March 6, 2016

Toyota Resmikan Pabrik Mesin Mobil Penumpang di Karawang

Toyota Resmikan Pabrik Mesin Mobil Penumpang di KarawangKarawang - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia membuka pabrik terbaru mereka, Plant 3 di Karawang International Industrial City, Jawa Barat. Pabrik baru tersebut fokus pada perakitan mesin untuk mobil penumpang.

Plant 3 Toyota melengkapi pabrik perakitan yang telah ada di Karawang sebelumnya, Plant 1 dan Plant 2 yang merakit mobil produksi Toyota seperti Kijang Innova, Fortuner, Vios, Etios Valco, dan Yaris. Berdiri di lahan seluas 150 hektar, Engine plant Toyota tersebut memiliki kapasitas produksi 216 ribu unit per tahun.

Managing Director Toyota Motor Corporation, Koei Saga mengatakan pendirian Plant 3 merupakan wujud dari Toyota untuk membangun industri otomot if Indonesia, khususnya peningkatan kandungan lokal.

"Toyota telah ada 45 tahun di Indonesia. Kami hari ini membuka pabrik berkelas dunia Through Line Engine Production yang pertama kali di pabrik Karawang, Indonesia," ujar Koei Saga, Senin (7/3/2016).

"Pabrik ini untuk line produksi mesin. Untuk mewujudkan komitmen kami untuk berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif Indonesia,  melalui transfer teknologi dalam peningkatan kandungan lokal," lanjutnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami mengatakan dengan kapasitas produksi 216 ribu unit mesin per tahun, produksi di Plant 3 juga dipasarkan di luar Indonesia.

"Kapasitas produksi 216.000 satu tahun, tidak hanya dinikmati indonesia, nanti akan diekspor ke luar negeri, untuk produksi engine tercanggih ini," kata Mashiro Nonami.

Sebelumnya, di plant 1 TMMIN Karawang, diproduksi Kijang Innova dan Toyota Fortuner di area selu as 100 hektar dengan kapasitas produksi 130 ribu unit per tahun. Sedangkan di plant 2, TMMIN memproduksi Etios Valco, Vios, dan Yaris dengan kapasitas produksi 120 ribu unit.




(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment