Monday, April 4, 2016

Indonesia Hanya Jadi Industri Perakitan Saja, Percuma!

 Indonesia Hanya Jadi Industri Perakitan Saja, Percuma!Jakarta - Untuk menjadi negara yang hanya bisa merakit komponen dari luar negeri sangatlah mudah. Namun yang sulit ialah memproduksi komponen dalam negeri, oleh sebab itu berbagai dukungan dari semua sektor di dunia otomotif sangat dibutuhkan.

Seperti yang dikatakan Chairman Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM), Hadi Rurjadipradja.

"Merakit mungkin tidak akan sulit, namun yang sulit ialah pendalaman-nya (memproduksi komponen di Indonesia-Red) yang nilai tambahnya ada, itu yang repot," kata Hadi.

"Kalau hanya merakit tidak akan terlalu susah. Tapi kita tidak kemana-mana (berkembang-Red). Hanya sebagai industri perakitan saja, percuma," tambahnya.< br/>
Sehingga dukungan pemerintah, seperti apalagi nih yang diharapkan pelaku industri komponen Indonesia. Apakah dukungan pembiayaan bisa menjadi perangsang perkembangan industri komponen di Indonesia?

"Sekarang kalau kita pinjam di bank lokal dikasih berapa? Kalau kita meminjam ke bank berapa persen (bunga-nya)? Semuanya memang butuh uang, tapi kebijakan harmonis pemerintah yang berperan," katanya.
(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment