Monday, April 4, 2016

Ini yang Dikhawatirkan Pelaku Usaha Industri Komponen

Ini yang Dikhawatirkan Pelaku Usaha Industri KomponenJakarta - Pelaku usaha komponen di Indonesia, saat ini tidak hanya mengkhawatirkan persaingan di dalam negeri, soal perburuhan juga menjadi perhatian khusus.

Bahkan tidak hanya itu, berapa besar pendapatan buruh juga menjadi poin penting untuk diperhatikan. Seperti yang diutarakan Chairman Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM), Hadi Rurjadipradja.

"Tidak hanya itu. Kalau buruh minta upahnya naik, yang menaikkan dan menandatanganinya UMP siapa? Pemerintah? Mereka membayar enggak kalau upah buruh naik?" ujar Hadi.

Karena menurut dirinya, di saat upah buruh naik namun tidak berbanding terbalik dengan pendapatan perusahaan, hal ini jelas bisa membayakan perusahaan atau pabrik tempat produksi.

"Kalau produktivitasnya naiknya lebih tinggi dari gajinya perusahaannya akan hidup. kalau terbalik bagaimana?" kata Hadi.

"Jika terjadi seperti demikian, ya perusahaan tinggal mati (gulung tikar. Dan banyak perusahaan yang mati, di kita saja (GIAMM) ada 2 perusahaan yang sudah gulung tikar," tambah Hadi.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment