Tuesday, April 26, 2016

Mobil Otonom Bisa Kurangi Kecelakaan Sampai 50%

Mobil Otonom Bisa Kurangi Kecelakaan Sampai 50%Oslo - Sistem autopilot pada mobil modern saat ini tidak hanya berfungsi untuk memudahkan pengemudi saja. CEO Tesla, Elon Musk menyebut sistem tersebut dapat menurunkan angka kecelakaan hingga 50 persen.

Salah satu mobil modern yang menggunakan sistem autopilot saat ini yakni Tesla pada model X dan S. Dalam diskusi di Norwegia, Elon menyebut saat autopilot terikat dengan sistem mobil, akan mengurangi 50 persen risiko kecelakaan dibanding jika autopilot dimatikan.

Data tersebut didapat Elon Musk dari pengguna Tesla yang tercatat telah berkendara lebih dari 47 juta mil. Namun sejumlah faktor membuat hasil dari data tersebut nampak bias.

Faktor yang pertama, seperti dilan sir Carbuzz, Selasa (26/4/2016), autopilot terikat saat kondisi dalam mengemudi optimal. Di malam hari atau ketika kondisi cuaca tengah buruk, banyak pengemudi yang merasa tidak percaya untuk menggunakan sistem autopilot.

Sedangkan ketika cuaca sedang cerah, memudahkan komputer pada sistem autopilot untuk bekerja optimal. Faktor kedua yakni peranti lunak pada sistem autopilot diharapkan dapat digunakan pada beberapa jalan bebas hambatan dimana angka kecelakaan lebih sedikit dibanding jalan perkotaan.

Namun hasil dari data autopilot itu dapat menjadi rekomendasi bagi regulasi mobil otonom yang tengah hangat didiskusikan di Amerika Serikat saat ini.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment