Tuesday, April 26, 2016

Fortuner dan Innova Model Terbaru Buatan Karawang Mulai Diekspor

Fortuner dan Innova Model Terbaru Buatan Karawang Mulai DieksporJakarta - Dua mobil andalan Toyota, Innova dan Fortuner model terbaru sudah mulai diekspor kembali. Sebelumnya ekspor sempat dihentikan agar Toyota fokus memenuhi kebutuhan dalam negeri setelah kedua model mengalami perubahan total.

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai mengekspor Fortuner dan Innova sejak bulan Maret 2016. Sebelumnya, TMMIN sempat menghentikan sementara kegiatan ekspor dua jenis kendaraan ini selama kurang lebih lima bulan.

Produksi The All New Kijang Innova dimulai sejak bulan Oktober 2015, sedangkan The All New Fortuner dimulai sejak bulan Februari 2016.

Fasilitas produksi kedua model kendaraan ini berlokasi di TM MIN Karawang Plant 1, Kawasan Industri Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat.

"Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan pasar domestik sudah terpenuhi sebelum melakukan ekspor. Ini merupakan langkah strategis kami sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di kawasan Asia Pasifik," ungkap Wakil Presiden Direktur TMMIN  Warih Andang Tjahjono.

Kedua model IMV ini merupakan produk yang menjadi andalan ekspor Toyota Indonesia. Kijang Innova dan Fortuner diekspor ke negara-negara di kawasan Asia-Pasifik, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.



Sepanjang bulan Maret 2016 yang merupakan bulan pertama kegiatan ekspor IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle), tercatat sebanyak 1.900 unit The All New Kijang Innova dan 5.700 unit The All New Fortuner telah meluncur ke pasar global. Kedua model ini menyumbangkan porsi 46% dari total kinerja ekspor kendaraan bermerek Toyota bulan Maret 2016 yang berjumlah 16.700 unit.

Angka ini sekaligus menunjukan peningkatan sebesar 10% dibandingkan dengan angka ekspor di bulan yang sama di tahun 2015 yang berjumlah 15.200 unit. Selain model IMV, kendaraan utuh (Complete Build-up Unit/CBU) Toyota lainnya yang diekspor adalah model Vios, Yaris, Avanza, Rush, Agya dan Town Ace/Lite Ace.



(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment