Saturday, June 11, 2016

Thailand dan Malaysia Sudah Miliki Institut Otomotif Sendiri

Thailand dan Malaysia Sudah Miliki Institut Otomotif SendiriJakarta - Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dibentuk Institut Otomotif Indonesia (IOI) yang akan memiliki peran yang berbeda dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Namun siapa yang menyangka, rupanya lembaga layaknya IOI juga sudah dimiliki oleh Thailand dan Malaysia. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

"IOI memang tidak bentrok sama Gaikindo. Di Malaysia juga ada seperti ini, ada Gaikindo Malaysia dan ada IOI-nya Malaysia. Di Thailand juga begitu, yang penting masing-masing tidak nyebrang ke kiri dan kanan (salah menggunakan wewenang)," ujarnya.

Yohannes Nangoi juga menepis kabar , jika Kementerian Perindustrian lebih condong (mendukung) ke IOI dibandingkan dengan Gaikindo.

"Condong apanya? Kan kami enggak berantem sama IOI. Jangan diadu domba, karena visinya beda. Satu ngeberesin yang namanya kompetensi pelakunya, lebih ke SDM-nya, kami (Gaikindo) lebih kepada fungsionalnya," katanya.

"Di dalam namanya Gaikindo itu ada enam kompartemen, mengenai sertifikasi, pendidikan dan ini tidak ada di sana. IOI membangun people-nya, people disini dimaksud itu, seperti pegawai, ada yang namanya pegawai pabrik, bengkel, dan lain-lainnya yang lebih kepada orang produksi. Katanya begitu," ujarnya.
(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment