Wednesday, July 13, 2016

Linux Gaet Toyota, Mazda, Honda Kembangkan Perangkat Lunak Otomotif

Linux Gaet Toyota, Mazda, Honda Kembangkan Perangkat Lunak OtomotifCalifornia - Setelah Apple dan Android, kini giliran Linux kepincut untuk mengembangkan software yang bisa dinikmati oleh pengendara mobil.

Dilansir Cnet, Rabu (13/7/2016), Linux memulai proyek open source Automotive Grade Linux (AGL), dengan Unified Code base 2.0 khusus untuk pengendara mobil. Dikatakan kode ini akan mendukung untuk AudioRouting, sistem hiburan di kabin mobil dan applikasi.

Dalam pengembangannya, General Manager for Automotive at The Linux Foundation Dan Cauchy mengatakan AGL akan bekerja sama dengan insinyur produsen otomotif. Porsinya 80 persen sistem dikembangkan oleh AGL, sisanya atau 20 persen oleh insinyur produsen otomotif.< br/>
AGL dikatakan telah menjalin kerjasama dengan Toyota, Mazda, Honda, Nissan, Ford dan Jaguar/Land Rover. Serta mendapat dukungan dari nama-nama beken seperti Harman, Denso dan Panasonic.

Terakhir, Dan Cauchy juga mengatakan versi 3.0 baru akan diperkenalkan pada Januari 2017 mendatang dan bisa menunjang sistem mobil tanpa sopir atau otonom.
(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment