Saturday, July 23, 2016

Pemilik Tesla Model S: Fitur Autopilot Bisa Selamatkan Pejalan Kaki

Pemilik Tesla Model S: Fitur Autopilot Bisa Selamatkan Pejalan KakiWashington - Fitur Autopilot pada mobil Tesla Model S dianggap berbahaya karena telah terlibat kecelakaan. Namun, seorang pemilik Tesla Model S menganggap bahwa fitur tersebut bisa menyelamatkan pejalan kaki.

Seperti dilansir Leftlananews, Sabtu (23/7/2016), pemilik Tesla Model S bernama Larry tengah mengemudikan mobilnya pada malam hari di Washington DC ketika nyaris terajadi kecelakaan. Saat mengemudi, dia terganggu dengan lampu sirine kendaraan darurat. Tak diduga, ada seorang pejalan kaki melangkah di depan mobilnya.

"Sebelum aku bisa menginjak (rem), mobil mengeluarkan bunyi dan gambar mobil merah muncul di dasbor. Mobil langsung mengerem sebelum aku me ngerem dan mobil berhenti hanya beberapa inci sebelum menabrak pejalan kaki. Aku tidak yakin apakah aku bisa berhenti sebelum menabrak pejalan kaki, tapi aku sangat bangga mobil bisa melakukannya," kata pemilik Tesla Model S tersebut dalam surat kepada Tesla.

Tesla memang tidak menggembor-gemborkan sistem pengereman darurat otomatis (automatic emergency braking/AEB) pada fitur Autopilotnya. Meski begitu, sistem tersebut cukup membantu untuk keselamatan pejalan kaki.

"Saat ada begitu banyak cerita negatif tentang auto pilot dan kematian yang terjadi beberapa pekan yang lalu, saya berpikir bahwa penting untuk menginformasikan kepada Anda tentang cerita ini. Sayangnya sebagian besar tidak ada yang pernah menyadari berapa banyak kecelakaan yang mungkin dicegah berkat fitur keselamatan ini," kata Larry.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment