Friday, July 22, 2016

Ini Jawaban Kementerian Perindustrian Soal Kartel Yamaha dan Honda

Ini Jawaban Kementerian Perindustrian Soal Kartel Yamaha dan HondaJakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM), diduga melakukan kecurangan dalam mengatur harga jual motor matik 110-125 cc.

Rupanya hal ini juga menjadi perhatian Menteri Perindustian Republik Indonesia, Sales Husin. Bagaimana Saleh melihat kasus ini?

"Isu tersebut masih dalam tahap penyelidikan. Berdasarkan laporan yang kami terima dari AHM dan Yamaha, bahwa mereka tidak pernah melakukan upaya tuduhan kartel yang dimaksud," ujar Saleh Husin.

Meski demikian, kedua perusahaan sepeda motor asal Jepang ini dikatakan tengah mempelajari laporan KPPU tersebut.

"Saat ini mereka sedang mempelajari laporan K PPU tentang tuduhan tersebut, dan diberi waktu untuk memberikan sanggahan atau jawaban atas tuduhan dimaksud antara tgl 26-28 Juli 2016," ujar Saleh Husin.

"Namun kasus ini tetap harus dilakukan penyelesaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Negara kita negara hukum, sehingga siapa pun harus taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," tambahnya.

Jika memang Yamaha dan Honda dinayatakan bersalah, apa yang akan dilakukan Kementerian Perindustrian?

"Kita tunggu nanti, jangan berandai-andai. Tetapi kenapa tidak berandai-andai, kalau keduanya tidak bersalah?" ujar Saleh Husin.
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment