Monday, July 25, 2016

Skuter Jadul Ini Lahir Lagi dengan Dibekali Tenaga Listrik

Skuter Jadul Ini Lahir Lagi dengan Dibekali Tenaga ListrikPraha - Skuter berdesain unik yang diproduksi di Ceko selama Perang Dingin, Cezeta telah dilahirkan kembali. Cezeta kini kembali dalam bentuk skuter bertenaga listrik.

Dilansir Ride Apart, Senin (25/7/2016), Cezeta diproduksi hanya pada 1957-1964. Skuter ini hadir dengan desain yang unik karena menempatkan tangki bahan bakar di depan kendaraan, tepatnya di atas ban depan.

Banyak penggemar skuter ini menyebutnya sebagai 'babi' karena penampilannya. Penggemar lainnya juga bergurau bahwa lokasi tangki bahan bakar skuter ini mirip seperti torpedo darat.

Cezeta pada saat itu dibekali dengan mesin dua tak silinder tunggal berkapasitas 175cc. Namun, Cezeta 506 yang lahir kembali saat ini akan memiliki motor listrik brushless tiga fase.

Skuter itu dihidupkan kembali oleh Neil Eamonn Smith. Dia pertama kali melihat sebuah Cezeta ketika menghadiri pernikahan di Republik Ceko.

"Saya langsung jatuh cinta. Itu adalah hal yang fantastis dan saya membelinya satu," katanya.

Setelah melakukan sejumlah restorasi, Smith langsung mengganti mesin tua skuter ini dengan motor listrik. Itu kemudian menjadi ide awal yang menyebabkan Smith untuk membangkitkan merek Cezeta.

Smith mengatakan, Cezeta 506 terbaru yang dibekali tenaga listrik ini bisa menjangkau jarak hingga 150 kilometer (km). Kecepatan tertingginya bisa mencapai 110 km/jam.

Dia mengatakan, pihaknya akan memproduksi massal skuter ini mulai tahun ini sebanyak 1.000 unit.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment