Sunday, February 10, 2013

Skutik Ringan Bisa Dilipat dari Hongaria

Skutik Ringan Bisa Dilipat dari Hongaria Jakarta - Selain XO2 Urban Transformer, ternyata motor skutik yang bisa dilipat cukup banyak jenisnya. Sebab di Hongaria ada juga produsen yang membuat skutik untuk kaum urban ini.

Skuter asal Hungaria tersebut adalah MOVEO. Motor ini dikembangkan sejak tahun 2008 silam oleh organisasi non-profit bernama Antro Group yang fokus untuk mencari solusi transportasi yang ramah lingkungan.

Setelah lima tahun bekerja, prototipe MOVEO pun sudah selesai dibuat. Kini, Antro mencari rekan bisnis untuk mulai memassalkan motor yang memiliki berat hanya 25 kg tersebut.

Dilihat dari desainnya, MOVEO memang tampak unik karena tubuhnya yang pipih dan kompak. Ketika penggunanya sudah mencapai tujuan, mereka hanya butuh waktu 2 menit untuk melipat tubuh skuter tersebut dan kemudian menariknya seperti sebuah koper.

Skuter yang tubuhnya terbuat dari karbon komposit ini menggunakan tenaga listrik untuk bergerak. Sekali charge, baterai motor ini mampu membuat MOVEO menjelajah sejauh 35 kilometer.

Ketika tenaga habis, untuk mengisi ulang tenaganya pun tidak perlu waktu lama, yakni hanya satu jam saja. Ada pun kecepatan tertinggi motor ini hanya berada di angka 45 km/jam.

Ada dua skenario untuk melakukan produksi awal MOVEO yang diharapkan akan dimulai pada awal tahun depan di sebuah pabrik di Hungaria Barat. Jika dana yang cukup tersedia, produksi massal akan terjadi dengan kapasitas hingga 15.000 MOVEO setiap tahunnya.

Tapi bila dana kurang, Antro masih bisa memproduksinya tapi hanya sampai 4.000 unit per tahun. Dan untuk pertama, penjualan motor ini akan dilakukan secara online.

"Dalam skenario pertama, pengguna akan mendapatkan MOVEO dengan harga US$ 3.100 (Rp 30 jutaan), dalam skenario kedua harga akan menjadi US$ 4.600 (Rp 44,6 jutaan)," kata Tamas Slezak, CEO dari perusahaan MOVEO yang didirikan untuk mengembangkan skuter ini.

"Kemungkinan besar kita akan mulai dengan produksi skala menengah dan setelah sekitar satu tahun jalan kita akan sampai untuk produksi skala besar," tambahnya seperti detikOto kutip dari Gizmag.

0 comments:

Post a Comment