Saturday, April 6, 2013

62% Kecelakaan Mobil Terjadi Karena Melamun

62% Kecelakaan Mobil Terjadi Karena Melamun Washington - Setiap pengendara haruslah fokus ketika mengemudi. Dan ternyata, bukan hanya ponsel saja yang sering mengganggu konsentrasi pengendara, tapi juga kebiasaan melamun. Itu juga berbahaya.

Melamun atau bengong ternyata merupakan salah satu momok yang membahayakan bagi pengendara. Paling tidak, itu hasil analisis Erie Insurance Group yang didapat dari data laporan polisi Amerika Serikat.

Penelitian itu menemukan kalau sepuluh persen kecelakaan mobil AS yang melibatkan pengendara yang tidak konsentrasi, lembaga itu menyimpulkan bahwa melamun adalah penyebab terbesar kecelakaan. Angkanya mencapai 62 persen, jauh lebih besar dari gangguan ponsel yang hanya 12 persen.

Sumber gangguan lain termasuk berbicara dengan penumpang, makanan dan minuman, benda bergerak dalam mobil seperti hewan peliharaan.

Penelitian ini didasarkan pada data polisi tahun 2010-2011 dari Fatality Analysis Reporting System (FARS), sensus nasional Amerika terkait fatalitas kecelakaan lalu lintas yang disusun oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).
 
Temuan penelitian ini tentu sangat mengkhawatirkan karena, tidak seperti penggunaan telepon seluler, melamun saat mengemudi adalah fenomena yang sulit untuk diatur.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment