Sunday, May 5, 2013

Lagi, Produsen Mobil Listrik Bangkrut

Lagi, Produsen Mobil Listrik Bangkrut California - Jika bukan dari pabrikan yang sudah ngetop, produsen mobil listrik pasti megap-megap. Setelah Fisker yang pontang-panting mencari investor demi menghindari kebangkrutan. Kali ini giliran pabrikan mobil listrik asal California Coda, yang mengajukan perlindungan dari kebangkrutan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (6/5/2013), Coda mengajukan perlindungan dari kebangkrutan kepada pemerintah California di Delaware.

Mereka mengajukan kebangkrutan setelah hanya sanggup menjual 100 unit mobil listrik ke pasaran. Contoh baru dari susahnya menjual mobil listrik ke pasaran.

Perusahaan ini pertama kali meluncurkan mobil listrik 5 penumpang di California. Mobil ini bisa melaju sejauh 125 mil dalam sekali pengisian baterai.

Sayang mobil tidak diterima pasar karena desainnya dan rating keselamatan yang buruk dan juga karena proses penarikan akibat airbag yang bermasalah.

Tiga tahun lalu, Coda merupakan salah satu dari trio pabrikan listrik AS bersama-sama Fisker Automotive dan Tesla Motors Inc. Ketiganya sama-sama bermukim di California. Surganya mobil ramah lingkungan di Amerika.

Dari ketiganya Tesla merupakan pabrikan yang paling populer dan berhasil menjual ribuan mobil ke pasaran. Fisker senasib dengan Coda yang mengumumkan kebangkrutan beberapa waktu lalu. Kebangkrutan Fisker dipicu oleh bangkrutnya pemasok baterai listrik mereka yakni A123 Systems Inc, akhir tahun lalu.

"Setelah mengkaji ulang seluruh opsi strategis, perusahaan memutuskan untuk fokus pada bisnis energy storage," ujar Chief Executive Officer, CODA Holdings, Inc Phil Murtaugh di situs Coda.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment