Sunday, May 26, 2013

Tahun Depan KIA Luncurkan Soul Listrik

Tahun Depan KIA Luncurkan Soul Listrik Detroit - Pada 2012 lalu berhembus kabar, kalau KIA akan meluncurkan Soul versi listrik atau EV. Kabar itu kembali datang dengan kepastian yang lebih jelas.

Dilansir KiaWorld, Soul versi listrik ini diperkirakan tiba di pasar otomotif Amerika Utara, Eropa dan China pada 2014 mendatang.

Peluncurannya tahun depan itu harus kelar di semester pertama. Soul versi listrik ini harus bisa berjalan 200 km (124 mil) dengan kecepatan maksimum 140 km/jam.

Hebatnya, Soul listrik ini juga berlari dari titik nol hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 12 detik.

Nantinya jika Soul listrik ini resmi dijual maka akan menjadi mobil listrik kedua KIA setelah Ray EV yang hanya di pasarkan di Korea Selatan. Soal harga, Soul listrik ini akan dibanderol US$ 35.000.

KIA Ray listrik itu sendiri hanya digunakan sebagai armada pemerintah perkotaan di Korea Selatan. Mobil listrik ini memiliki tenaga 67 hp dengan jangkauan 138 km berkat adanya baterai ion lithium.

KIA Soul EV merupakan bagian dari strategi KIA di masa depan yang akan memperkenalkan 47 mobil baru selama 2013-2017.

Hal itu sebelumnya dipastikan General Manager Global Public Relations KIA Michael Choo kepada wartawan di sela-sela Test Drive KIA Carens di Le Meridien Beach Plaza, Monte Carlo, Monako, pertengahan Maret lalu.

KIA mengharapkan di 2016 nanti mereka sanggup menjual sekitar 3,5 juta unit mobil dengan brand value yang makin meningkat senilai US$ 6 miliar. Saat ini merek KIA ditaksir sebesar US$ 4,1 miliar dan berada di urutan 87 dalam daftar merek terbaik di dunia.

"Di masa depan kami akan terus meningkatkan nilai tambah bagi konsumen dan beralih dari aspek kuantitif ke kualitatif," ujarnya.

Di pasaran global KIA tahun ini akan meluncurkan Carens, pro_cee'd (3 pintu), Forte/Cerato, Soul, Cadenza, Optima dan Sportage.

Tahun berikutnya KIA akan memperkenalkan model baru dari Carnival dan Sorento, Rio facelift, dan pengenalan mobil-mobil ramah lingkungan seperti Optima HEV dan Soul EV.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment