Sunday, July 14, 2013

Ambisi James Toseland Pecahkan Rekor Motor Tercepat

Ambisi James Toseland Pecahkan Rekor Motor Tercepat London - Juara dunia dua kali World Superbike, James Toseland akan mencoba memecahkan rekor kecepatan. Pebalap Inggris itu berharap dapat mencetak rekor motor tercepat dengan menembus angka 400 mph atau sekitar 643,7 km/jam.

Menurut rencana, pebalap Inggris tersebut akan mencoba mencetak rekor kecepatan itu di padang garam Bonneville di Utah, Amerika Serikat pada September 2014 mendatang.

Motor yang digunakannya adalah motor khusus bernama '52 Express' yang tampangnya kini sedang dipamerkan di Goodwood Festival of Speed, Inggris, akhir pekan ini. Dilihat sekilas, motor ini tidak tampak seperti motor konvensional, tapi tampak seperti sebuah roket.

Saat ini rekor motor tercepat masih dipegang oleh pria Amerika bernama Rocky Robinson ketika berlari sampai 376,363 mph atau sekitar 605,69 km/jam.

Pada '52 Express' kendaraan Toseland yang perancangannya dibantu oleh spesialis otomotif JD Classics, University of Derby dan mantan pebalap Alex Macfadzean yang merupakan manusia pertama Inggris yang mencapai kecepatan 200 mph (321,86 km/jam) ini akan menggunakan mesin turbin Rolls-Royce yang biasa digunakan helikopter Lynx.

"Jika berhasil, ini akan menjadi prestasi pribadi yang fantastis tapi juga penghargaan besar yang dibawa kembali ke Inggris," kata Toseland.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment