Sunday, July 14, 2013

Benarkah Biaya Operasional Mobil Diesel Lebih Murah Ketimbang Gas?

Benarkah Biaya Operasional Mobil Diesel Lebih Murah Ketimbang Gas? Washington - Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang mesin diesel, Robert Bosch LCC tengah mengumpulkan data dari The University of Michigan Transportation Research Institute menganai biaya menggunakan mesin diesel dengan gas.

Hasil studi yang baru dirilis ini menyebutkan kalau pemilik kendaraan bermesin diesel bisa menghemat biaya mulai dari US$ 2.000 sampai US$ 6.000 selama 3 sampai 5 tahun dibandingkan dengan pemilik kendaraan lainnya dengan mesin yang berbeda.

"Secara keseluruhan, hasil alanisis kami menunjukan bahwa kendaraan diesel dapat memberikan pemilik yang lebih hemat dibandingkan mobil versi gas dari kendaraan yang sama," kata penelitian tersebut.

"Perkiraan tabungan selama 3 sampai 5 tahun juga bervariasi dari yang terendah US$ 67 dalam 3 tahun dan yahg tertinggi US$ 15.619 dalam 5 tahun. Tapi sebagian besar penghematannya US$ 2.000 sampai US$ 6.000," timpalnya.

Sementara itu, Executive Director of Diesel Technology Forum Allen Schaeffer menambahkan para pemilik mobil diesel di Amerika Serikat (AS) belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam hal biaya. Hal ini juga karena penjualan mobil diesel di AS meningkat tajam.

"Efisiensi bahan bakar selalu menjadi daya tarik utama bagi pembeli mobil. Pengguna mesin diesel juga diperkirakan akan melonjak hingga 2 tahun kedepan," katanya.

Sebagai contoh hasil studi, dalam jangka waktu 3 tahun para pemilik mobil seperti VW Jetta bisa menghemat US$ 3.128, VW Jetta Sportwagen US$ 3.389 dan VW Golf sebesar US$ 5.013.

Untuk kategori mobil mewah, pemilik Mercedes-Benz E-CLass bisa mengirit biaya US$ 4.175, Mercy GL Class US$ 13.514, Mercy M-Class US$ 3.061, dan VW Touareg US$ 7.819.

Jika dilihat dari efisiensi bahan bakar, mobil dengan mesin diesel memiliki efisiensi yang jauh lebih baik ketimbang mesin bensin. Mesin diesel bisa menghemat sekitar 8 sampai 44 persen/liternya.

Survei juga menyebutkan 9 dari 10 pengguna mobil mesin diesel mengatakan kalau lebih baik daripada kendaraan bermesin gas. Lima mobil menyebutkan penghematannya bisa mencapai 10 sampai 39 persen.

(ady/syu)

0 comments:

Post a Comment