Friday, August 23, 2013

Kenya Saja Bisa Bikin Mobil, Harga Rp 64 Juta

Kenya Saja Bisa Bikin Mobil, Harga Rp 64 Juta Nairobi - Bila ingin berusaha, sebuah negara bisa membuat mobil seperti negara-negara maju. Lihat saja Kenya, meski tidak bisa dibilang negeri kaya, Kenya ternyata sudah bisa memproduksi mobil sendiri. Namanya Mobius Two.

Mobil ini adalah mobil segala medan yang sanggup melibas jalanan rusak. Kekuatan adalah yang utama karena memang fasilitas jalan belum memadai, terutama di pedesaan di benua Afrika.

Mobil ini sudah mulai diproduksi oleh Mobius Motors dengan kapasitas enam dan delapan orang dewasa. Bila dijadikan alat angkut barang, mobil ini bisa mengangkut muatan hingga 1.100 pon atau sekitar 500 kg.

Tubuh mobil yang mirip mobil off road tersebut dibangun dari kerangka baja tubular yang dapat dengan aman dilas kembali jika rusak, dengan begitu, perbaikan mobil ini bila ada masalah tidak akan mahal.

Mesinnya menggunakan mesin Toyota meski spesifikasi detailnya belum diungkapkan.

Hanya saja Mobius, menurut Left Lane News, sudah mengatakan kalau sudah 35 persen dari komponen yang dibuat dari sumber lokal dan persentase itu akan terus ditingkatkan di masa depan.

Pendiri Mobius sendiri adalah Joel Jackson, seorang insinyur komputer Inggris yang berharap bisa menjual 500 Mobius Twon hingga akhir tahun nanti.

Hal itu sangat mungkin tercapai, sebab harga mobil ini hanyalah sekitar US$ 6.000 atau sekitar Rp 64 jutaan. Dengan angka ini, maka Mobius Twon pun menjadi mobil off road termurah di dunia.


(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment