Wednesday, July 30, 2014

'Toyota Bakal Dijungkalkan VW'

Tokyo - Raksasa asal Jepang, Toyota saat ini memang masih menguasai dunia setelah di semester satu 2014 mencetak penjualan hingga 5,1 persen di seluruh dunia. Namun, posisi Toyota sebagai raja otomotif dunia diprediksi akan tumbang. Tak lain oleh Volkswagen.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari data penjualan dan produksi yang dirilis masing-masing pabrikan akhir bulan Juli ini, Toyota berada di urutan pertama mengalahkan VW dan General Motors. Namun selisih ketiganya cukup tipis.

Toyota berada di puncak setelah membukukan angka penjualan 5,1 juta unit atau mengalami kenaikan sekitar 3,8 persen. Penjualan ini sudah termasuk dalam semua grup Toyota seperti Lexus, Daihatsu dan truk Hino.

Toyota mencatat kenaikan penjualan terutama terjadi di negara seperti Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan Asia. Khusus untuk Daihatsu, Toyota patut berterima kasih pada Indonesia, soalnya Daihatsu selama 5 tahun berturut-turut mengalami peningkatan produksi.

Sementara itu sebagai perbandingan VW melaporkan mereka menjual 4,97 juta unit kendaraan naik 5,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan GM mencatat angka penjualan sebanyak 4,92 juta unit.

Namun angka penjualan VW bisa saja mengalami kenaikan karena divisi truk mereka yakni MAN dan Scania baru akan merilis angka penjualan besok 31 Juli 2014.

"China adalah kekuatan pendorong dari pasar global, dan sejauh mana perusahaan difokuskan pada wilayah yang terkait dengan kinerja penjualan global," kata Yoshiaki Kawano, seorang analis IHS Automotive berbasis di Tokyo seperti dikutip Reuters.


0 comments:

Post a Comment