Friday, July 4, 2014

Unik, Mobil Ini Bisa Berjalan Karena Sinar Matahari dan 'Keringat'

Unik, Mobil Ini Bisa Berjalan Karena Sinar Matahari dan California - Belakangan ini semakin banyak orang yang melakukan inovasi di dunia otomotif. Seperti yang satu ini, orang membuat mobil yang bisa berjalan karena adanya sinar matahari dan keringat.

Dilansir BBC, Sabtu (5/7/2014) mobil itu bernama Elf yang diproduksi oleh perusahaan yang berbasis di negara bagian North Carolina, Amerika Serikat (AS), Organic Transit.

Tampilan mobil ini memang cukup unik. Untuk menggerakannya, mobil ini dilengkapi dengan transmisi 3 percepatan yang bisa digerakkan dengan pedal atau tenaga listrik. Jadi yang dimaksud menggunakan keringat itu adalah mengayuhnya menggunakan kedua kaki.

Untuk motor listriknya diaktifkan oleh baterai lithium fosfat yang diberi suplai oleh panel surya berkapasitas 100 watt. Untuk mengisi baterainya menggunakan sinar matahari maka membutuhkan waktu selama 7 hari, tapi jika menggunakan arus listrik rumahan cukup 1 ½ jam.

Mobil ini hanya mampu berlari dengan kecepatan 20 mil per jam saat menggunakan tenaga listrik, dan 30 mil per jam dengan menggunakan pedal atau mengayuhnya sendiri. Jadi mobil ini idealnya sangat cocok untuk melakukan aktivitas di dalam kota.

"Kemana pun ELf pergi, pengguna menjadi lebih sehat, kota akan menjadi lebih layak huni dan lingkungan menjadi lebih baik," kata Chief Executive Officer Organic Transit, Rob Cotter. "Kami menyebutnya ini adalah suatu kemakmuran lingkungan dan itu adalah misi kami," timpalnya.

Selain itu, harga awal untuk mobil ini dijual US$ 5.495. Harga itu belum termasuk penggunaan baterai sebesar US$ 600 dan lain sebagainya, jadi jika secara keseluruhan harganya mencapai US$ 8.500.

Saat ini, Organic Transit hanya mampu memproduksi 350 unit Elf dalam 14 bulan terakhir. Harapannya, bisa memproduksi sampai 1.200 unit dalam setiap tahunnya.



0 comments:

Post a Comment