Saturday, August 2, 2014

Pabrik Pelek di China Terbakar, 69 Orang Tewas

Pabrik Pelek di China Terbakar, 69 Orang TewasJiangsu - Terjadi sebuah ledakan di pabrik pelek di China. Akibat hal tersebut 69 orang tewas dan 120 orang lain luka-luka. Ini adalah kecelakaan industri terburuk di Tiongkok dalam setahun terakhir.

Pabrik itu berada di kota Kunshan di Jiangsu, sekitar 1 jam perjalanan dari Shanghai. Ini adalah pabrik pembuat pelek untuk beberapa raksasa otomotif dunia, termasuk General Motors.

Penyelidikan awal menunjukkan kalau ledakan di Kunshan Zhongrong Metal Products Co Ltd. yang terjadi kemarin dipicu api yang dinyalakan di ruang penuh debu. Pemerintah setempat menggambarkan insiden itu sebagai pelanggaran keamanan yang serius.

Pemerintah Kunshan juga mengatakan kalau 264 pekerja berada di lokasi kejadian saat ledakan melanda dan 44 meninggal segera setelah ledakan.

Akibat hal ini, kantor berita negara Xinhua mengatakan bahwa dua perwakilan perusahaan telah dibawa ke tahanan polisi. Bahkan Presiden China Xi Jinping menuntut penyelidikan penuh dan mengatakan bahwa mereka yang ditemukan bertanggung jawab harus dihukum.

Saking kencangnya, suara dari ledakan di pabrik ini terdengar hingga radius 2 km. Seorang penjaga keamanan dari sebuah pabrik yang berdekatan, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan kalau dampak dari ledakan itu begitu besar sehingga menghancurkan jendela posnya yang terletak sekitar 500 meter dari lokasi ledakan.

Korban-korban ledakan ini banyak yang mengalami luka bakar. Hal itu membuat pemerintah Kunshan sampai harus membawa dokter-dokter dari Shanghai dari wilayah lain yang berdekatan untuk membantu mereka.

"Dalam 20 tahun saya bekerja, saya belum pernah melihat begitu banyak pasien dengan luka bakar di lebih dari 80 persen dari tubuh mereka," seorang dokter senior yang tidak disebutkan namanya seperti dikutip Reuters.


0 comments:

Post a Comment