Sunday, September 28, 2014

Susul D-Max, Isuzu dan GM Mau Bikin Pikap Baru Lagi

Susul D-Max, Isuzu dan GM Mau Bikin Pikap Baru LagiTokyo - Pabrikan otomotif asal Amerika Setrikat, General Motors dan mitranya asal Jepang, Isuzu Motors sepakat bekerja sama lagi untuk memproduksi varian pikap medium. Rencananya, pikap tersebut akan dipasarkan ke berbagai negara, termasuk wilayah Amerika Utara.

"Proyek (produksi pikap medium) ini akan semakin memperkuat jalinan kerjasama GM (General Motors) dan Isuzu dalam bisnis memproduksi kendaraan komersial,” demikian pernyataan Isuzu Motos seperti dilansir Reuters, Senin (29/09/2014).

Dalam kerjasama ini, masing-masing perusahaan akan memproduksi pikap medium tersebut sesuai dengan nama yang mereka tetapkan. Namun, kendaraan itu memiliki platform yang sama sesuai dengan hasil proses pengembangan yang telah mereka seperti.

Kerja sama seperti itu persis yang mereka lakukan, ketika keduanya mengembangkan sebuah pikap. Saat itu, GM memproduksi Chevrolet Colorado dan Isuzu memproduksinya dengan nama Isuzu D-Max pada 2011 lalu. Keduanya berdasar platform yang sama.

Dengan kolabrorasi seperti itu kedua perusahaan juga bisa menghemat biaya produksi. Pasalnya, selain berbagai platform sehingga menghemat anggaran penelitian dan eksperimen, keduanya juga bisa berbagi komponen.

Galeri Foto: Isuzu D-Max Model Anyar

"Tetapi, kedua perusahaan belum menentukan kapan pikap tersebut mulai dipasarkan," tutur jurubicara Isuzu Motors, Eiji Mitsuhashi.

Dia mengatakan, meski menjalin kongsi pengembangan produk baru, namun keduanya tidak membahas porsi kepemilikan saham dalam kerjasama itu. GM menggenggam saham Isuzu sebanyak 49 persen, meski akhirnya, pada 2006 menjual 7,9 persen saham tersebut senilai US$ 300 juta atau Rp 3,3 triliun lebih.

Pabrikan itu sempat menghadapi masalah anggaran untuk pengembangan teknologi anyar. Akhirnya dia memilih untuk berbagai beban dengan pabrikan lain. Caranya, dengan berbagai beban termasuk mengembangkan model secara bareng-bareng.


0 comments:

Post a Comment