Saturday, December 13, 2014

'Mobil Miliki Dua Sisi, Ibarat Senjata'

Bandung - Hampir semua orang bisa mengemudikan mobil, tetapi apakah mereka sudah bisa mengemudi dengan aman? Di sinilah dua sisi mobil muncul, mobil bisa menjadi alat transportasi namun bisa menjadi senjata mematikan buat orang lain.

"Anggap kita (sopir) memegang senjata, bisa buat bela diri, atau mau ngerampok. Mau nyetir aman, atau membahayakan diri orang lain, jadi kalau nyetir harus bertanggung jawab," ujar Ario Zainuddin dari Safety Driving Institute dalam Fun Rally and Coaching Avanza Pop You Up di Saka Bistro, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/12/2014) kemarin.

Ario meminta pengendara mobil mempersiapkan mental dan fisik sebelum berkendara. Faktor kesehatan badan juga jangan dianggap remeh. "Kalau mentalnya lagi kurang, mending jangan nyetir, pastikan kondisi badan sehat," ujarnya.

Sementara untuk kondisi kendaraan perhatikan beberapa hal, misalnya tekanan angin ban. Usahakan ban jangan kurang angin, karena kalau ban kurang angin, saat kendaraan berbelok, bannya bisa melipat. "Kan ada kawat, kalau kawat itu putus, itu yang bikin pecah ban," ujarnya.

Pahami juga dimana tools kit kendaraan disimpan, selain itu usahakan untuk mengenal kendaraan dari aspek mekanisnya dan fitur.

"Tidak sedikit pengendara yang enggan untuk mengetahui berbagai fitur di kendaraan, seperti tool kit, tuas transmisi, dan lainnya," ujarnya.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment