Saturday, January 3, 2015

Polusi Kian Tinggi, Kota Shenzen Tiongkok Batasi Pembelian Mobil

Polusi Kian Tinggi, Kota Shenzen Tiongkok Batasi Pembelian MobilShenzen - Pemerintah kota Shenzen, sebuah kota di Tiongkok bagian Selatan, telah menetapkan kebijakan untuk membatasi pembelian mobil baru. Polusi udara yang kian pekat akibat gas buang kendaraan menjadi salah satu alasannya.

Seperti dilansir Carscoops, Minggu (04/01/2014), The Chinese Academy of Sciences Meteorologi melaporkan bahwa emisi kendaraan bermotor di Tiongkok saat ini menjadi penyumpang polusi udara ternesar kedua setelah penggunaan batubara. Akibatnya, ancaman berbagai penyakit sangat tinggi.

Sementara, menurut laporan Bloomberg, saat ini tak kurang dari 3 juta mobil yang berseliweran di jalanan Shewnzen, saban harinya. Maklum, kota yang berdekatan dengan Hong Kong itu dihuni oleh 11 juta orang, dan merupakan salah satu pusat kegiatan ekonomi di Tiongkok, sehingga kemacetan juga terjadi dimana-mana.

“Seperti halnya Beijing dan Shanghai, Shenzen akan menerapkan kebijakan pembatasan pembelian mobil baru,” tulis laman tersebut.

Jumlah mobil baru yang bisa dibeli masyarakat hanya 100.000 unit, jumlah itu termasuk 20.000 unit mobil listrik. Dari jumlah tersebut, setengahnya akan dilelang kepada mereka yang berniat membeli mobil anyar, dan sisanya termasuk untuk mobiul listrik akan diundi.

Sementara kepolisian kota itu menyatakan, kebijakan itu bisa berubah dengan pertimbangan kondisi udara, apakah masih pekat dengan polusi atau tidak. Selain itu juga mempertimbangkan tingkat permintaan kendaraan.






(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment