Sunday, March 8, 2015

Fiat Kembaran Mazda MX-5 Pakai Nama Spider 124

Fiat Kembaran Mazda MX-5 Pakai Nama Spider 124Jenewa - Pabrikan Fiat-Chrysler Automobile mengisyaratkan untuk membuat roadster yang berbagi platform dengan Mazda MX-5 yang dinamai Spider 124. Namun, roadster itu bukan dari keluarga Alfa Romeo Spider atau salah satu model Abarth, melainkan Fiat.

Seperti dilansir Autoblog dan AutoExpress, Minggu (8/3/2015), kabar itu telah dikonfirmasi oleh Chief Executive Officer FCA, Sergio Marchionne saat diwawancari di sela Geneva Motor Show 2015 di Jenewa, Swiss.

“Apakah kami ingin melakukannya sekarang?,” ucapnya saat dikonfirmasi. “Peluncuran perdana untuk dunia akan berlangsung di ruang ini (Geneva Motor Show),”

Artinya kemungkinan besar peluncuran roadster Fiat Spider 124 itu akan dilakukan pada 2016 mendatang. Kabar itu juga sempat dikonfirnasi kepada Kepala Komunikasi Brand Fiat, dan dia menjawab hal yang sama.

Kerja sama Fiat-Chrysler dan Mazda telah terjalin sejak 2012. Rumor sebelumnya mengatakan platform Mazda MX-5 akan digunakan untuk mengembangkan Alfa Romeo Spider, namun berubah di tengah jalan. Soalnya, Marchione bersikukuh agar proses pembuatan roadster Alfa Romeo itu tetap dilakukan di Italia.

Laman Leftlanews mencatat, roadster 124 Spider pernah dibuat dalam rentang waktu 1966-1982. Model ini dibangun di atas platform populer 124 sedan. Bagian bodinya dirancang dan dikerjakan oleh rumah modifikasi kondang Italia, Pininfarina.

Hanya, setelah 1982 proses produksi berhenti. Namun model itu masih dipasarkan dengan nama Spider Pininfarina Azzura sampai 1985.

Soal mesin 124 Spider memiliki beberapa laternatif, antara lain memanfaatkan mesin Alfa Romeo 1.400 L turbo empat silinder, atau milik Abarth. Adapun All New Mazda MX-5 proses produksinya telah dimulai pekan lalu di pabrik Ujina, Hiroshima Jepang.

Pemesanan mulai dibuka pada 20 Maret. Proses pengiriman unit ke pembeli dilakukan Juni mendatang.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment