Friday, April 10, 2015

Ini Dia Traktor Tercepat Sejagat

Ini Dia Traktor Tercepat SejagatHelsinki - Pada umumnya traktor yang digunakan sebagai sarana berproduksi di sektor pertanian, memiliki kecepatan yang tak begitu beringas. Namun, tak demikian dengan Valtra T234, traktor buah kolaborasi produsen ban asal Finlandia Nokian dengan produsen traktor Valtra, yang mampu melesat hingga 130 km/jam lebih.

Seperti diwartakan Carscoops, Sabtu (11/4/2015), dengan laju secepat itu, traktor ini juga memecahkan rekor traktor tercepat sejagat. Rekor sebelumnya, 121 km/jam.

Dalam pemecahan rekor kecepatan itu, Nokian dan Valtra mendapuk pereli Juha Kankkunen. Awalnya, dia mengeluh karena lebar sudut dan panjangan lintasan yang digunakan untuk pemecahan rekor itu tak selebar dan sepanjang yang diperkirakan sebelumnya.

Walhasil, traktor hanya bisa digeber dengan kecepatan maksimal 100 km/jam. Perubahan lintasan pun dilakukan, yakni dengan memperlebar sudut dan panjang trek yang dilalui. Hasilnya, cukup cespleng. Pedal gas traktor bisa dibejek hingga maksimal dan menjadikan kendaraan itu melesat 130 km/jam lebih, dan rekor pun terpecahkan.

Traktor ini mengusung mesin disel yang bertenaga 250 PS dan torsi 1.000 Nm. Namun, traktor model anyar itu bukanlah varian yang bertenaga terbesar, karena Valtra juga sudah membuat dengan tenaga yang lebih besar yakni Seri S yang mesinnya menyemburkan tenaga hingga 400 PS dan torsi 1.600 Nm.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment